PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERTIWI BATURONO KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter apa saja yang dikembangkan di TK Pertiwi Baturono serta peran guru dalam mengembangkan karakter anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi Baturono Kecamatan Salam Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru serta siswa TK Pertiwi Baturono usia 4-5 tahun. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini melalui reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: karakter yang dikembangkan pada 4-5 tahun di TK Pertiwi Baturono Kecamatan Salam Kabupaten Magelang ialah karakter religius, peduli lingkungan dan rasa ingin tahu. Peran guru dalam mengembangkan karakter anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi Baturono Kecamatan Salam Kabupaten Magelang ialah guru berperan sebagai sumber belajar, guru sebagai pembimbing, guru sebagai motivator. Peran guru dalam mengembangkan karakter anak usia dini membantu anak mengembangkan rasa empati, disiplin, mandiri, dan tanggung jawab sehingga anak memiliki moral dan kebiasaan yang baik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v9i1.22180
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id
P-ISSN:2355-7443
E-ISSN: 2657-0785