• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF PADA KELOMPOK B4 TK NEGERI PEMBINA 1 PALEMBANG TAHUN AJARAN 2018/2019 | Fortuna | Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF PADA KELOMPOK B4 TK NEGERI PEMBINA 1 PALEMBANG TAHUN AJARAN 2018/2019

    dewi Fortuna, Syafdaningsih syafar

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permainan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B4 TK Negeri Pembina 1 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah anak usia dini kelompok B4 di TK Negeri Pembina 1 Palembang yang berjumlah 21 anak, terdiri dari 9 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Obyek penelitian adalah peningkatan kemampuan mengenal huruf menggunakan permainan kartu huruf. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen observasi daftar cek (Check List). Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal huruf anak kelompok B4 TK Negeri Pembina 1 Palembang dapat ditingkatkan menggunakan permainan kartu huruf.  Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai presentase kemampuan mengenal huruf, yaitu pada kondisi awal sebesar 35,85%, kemudian pada Siklus I persentase rata-rata meningkat menjadi 61,11%, dan persentase rata-rata pada Siklus II mampu meningkat hingga 83,73%. Peningkatan dari Pra Siklus ke Siklus I sebesar 25,27%, dan peningkatan dari Siklus I ke Siklus II sebesar 22,62%.


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v5i2.7567

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2019 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
    published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
    Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
    Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
    email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

    P-ISSN:2355-7443

    E-ISSN: 2657-0785

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

     


    View My Stats
    Flag Counter