PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA PANCINGAN HURUF PADA KELOMPOK B-3 TKIT IZZUDDIN PALEMBANG SEMESTER I TAHUN 2018/2019

siska lestari, rukiyah rukiyah

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah “Untuk mendapatkan gambaran objektif tentang Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Pancingan Huruf Pada Kelompok B-3 TKIT Izzuddin Palembang Semester I tahun 2018/2019”. Kemampuan mengenal huruf merupakan kemampuan yang terlihat sederhana, namun kemampuan ini harus dikuasai oleh anak TK karena pengenalan terhadap huruf termasuk modal awal memiliki keterampilan membaca. Media pancingan huruf adalah media yang digunakan untuk memotivasi diri anak untuk lebih aktif dalam pembelajaran karena media pancingan huruf ini menawarkan sebuah tantangan yang dapat secara umum dilaksanakan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama dua bulan sejak bulan September-Oktober 2018. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya, dapat diambil kesimpulan bahwa: Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Pancingan Huruf Pada Kelompok B-3 TKIT Izzuddin Palembang Semester I tahun 2018/2019 mengalami peningkatan. Pencapaian persentase kemampuan mengenal huruf pada Siklus I  menunjukkan peningkatan pencapaian kemampuan anak-anak dalam mengenal huruf. Kemampuan mengenal huruf pada Siklus I diketahui bahwa kemampuan anak dalam mengenal huruf meningkat 36% dari kondisi Pra Siklus sebesar 40%, menjadi 76% pada Siklus I dengan kriteria cukup. Begitu pula pada Siklus II, kemampuan mengenal huruf meningkat 10% dari kondisi Siklus I sebesar 76% menjadi 86% pada Siklus II dengan kriteria baik

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v5i2.7569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

P-ISSN:2355-7443

E-ISSN: 2657-0785

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

 

View My Stats
Flag Counter