PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI BERMAIN KARTU DOMINO GEOMETRI PADA ANAK USIA KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA I PALEMBANGPENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI BERMAIN KARTU DOMINO GEOMETRI PADA ANAK USIA KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA I PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui kartu domino pada anak kelompok B TK Negeri Pembina I Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian ini adalah 20 anak kelompok B TK Negeri Pembina I Yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan mengenal bentuk geometri. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal bentuk geometri meningkat setelah adanya tindakan melalui kartu domino. Peningkatan dilihat dari observasi kondisi awal yaitu sebesar 36,50% dengan kriteria Belum Berkembang (BB). Pada siklus I Persentase meningkat sebesar 45,62% dengan kriteria Mulai Berkembang (MB) dan pada siklus II mencapai indikator keberhasilan yaitu sebesar 76,88% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Hasil penelitian membuktikan bahwa kartu domino dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v5i2.7582
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id
P-ISSN:2355-7443
E-ISSN: 2657-0785