PENINGKATAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI METODE KARYAWISATA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK IT IZZUDDIN PALEMBANG
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sains melalui metode karyawisata. Penelitian ini dilakukan di TK IT Izzuddin Palembang pada Agustus – Oktober 2018. Metode penelitian ini menggunakan peneltian tindakan dengan satu siklus yang terdiri dari 4 tahap : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelas B2 yang berjumlah lima belas anak. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan instrumen observasi sebelum siklus I dan setetelah siklus II. Dalam penelitian ini persentase analisis data yang didasarkan pada kesepakatan peneliti dan kolaborator adalah nilai masing-masing anak yang mencapai peningkatan dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada prasiklus terdapat 5 anak (29,4%) mencapai kriteria Mulai Berkembang dan terjadi peningkatan pada siklus I menjadi 5 anak (29,4%) mencapai kriteria Berkembang Sesuai Harapan, lalu terjadi peningkatan lagi pada siklus II menjadi 14 anak (82,3%) mencapai kriteria Berkembang Sesuai Harapan dan 3 anak (17,6%) mencapai kriteria Berkembang Sangat Baik
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v5i2.7583
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id
P-ISSN:2355-7443
E-ISSN: 2657-0785