PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI GERAK DAN LAGU PADA ANAK KELOMPOK A TKIT MENARA FITRAH INDRALAYA OGAN ILIR

Helsa Yulianti, syafdaningsih syafar, hasmalena hasmalena

Abstract


Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas, dengan judul penelitian “Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan melalui Gerak dan Lagu Pada Anak Kelompok A TKIT Menara Fitrah Indralaya Ogan Ilir” dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak. Subjek yang digunakan pada Penelitian ini Anak Kelompok A di TKIT Menara Fitrah Indralaya Ogan Ilir pada semster Genap Tahun Ajaran 2015-2016 dengan jumlah 16 orang siswa, yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan tes berbentuk perbuatan dan observasi. Hasil analisis data diperoleh peningkatan dari pra siklus, ke siklus I, kemudian ke siklus II, diperoleh hasil anak yang berkembang sangat baik berjumlah 13 anak atau 81,25%, anak yang berkembang sesuai harapan ada 2 orang atau 12,5%, anak yang mulai berkembang ada 1 orang atau 6,25%, lalu anak yang belum berkembang sudah tidak ada. Semua indikator muncul dalam penelitian ini, terlihat Indikator 1 anak membilang angka satu sampai sepuluh 16 atau seluruh anak mendapat nilai 4. Indikator 2 anak membilang angka 1 sampai 10 dengan gerakan dan lagu 16 atau seluruh anak mendapat nilai 4, Indikator 3 yaitu menambah angka satu sampai sepuluh dengan gerakan dan lagu 5 dari 16 anak mendapat nilai 4, terakhir pada Indikator 4 anak mengurang angka satu sampai sepuluh belum ada anak yang mendapat nilai 4. Kelemahan dari penelitian ini ialah menyeimbangkan antara gerakan dan lagu serta tema yang digunakan. Bagi peneliti selanjutnya disarankan agar memilih meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan atau meningkatkan kemampuan aspek perkembangan yang lainya agar lebih bervariasi dan sebagai pembanding serta bermanfaat untuk peneliti selanjutnya.

Keywords


Gerak dan Lagu, Berhitung Permulaan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v4i1.8234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan ayumahyumi@gmail.com

P-ISSN:2355-7443

E-ISSN: 2657-0785

Indexed in:

 

 

Tools :

     

View My Stats
Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.