PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (TELAAH DALAM PERMENDIKBUD 146 TAHUN 2014 ) TERHADAP KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

lusi marlisa

Abstract


Kontradiksi dalam kurikulum 2013 saat ini masih menjadi polemik, dikarenakan peralihan dari kurikulum tingkat satuan pendidikan atau yang lebih dikenal dengan sebutan KTSP beralih menjadi kurikulum 2013. Pengembangan kurikulum dan konsep pembelajaran pada kurikulum ini masih terdapat kesenjangan pada beberapa sekolah dalam pengaplikasiannya. Konsep pembelajaran yang berpusat pada anak dengan menggunakan pendekatan saintifik, masih menjadi pembelajaran yang harus dikaji lebih dalam oleh para praktisi pendidikan anak usia dini, sehingga dalam implementasinya pada saat ini diperlukan sosialisasi lebih lanjut. Pedoman pembelajaran yang digunakan melalui pendekatan saintifik memberikan pengalaman belajar yang bermakna kepada anak dan mendorong anak-anak untuk berpikir lebih kritis, analisis, dan kemampuan dalam memcahkan masalah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran bersifat saintifik. Kemudian, manfaat yang akan dirasakan dalam Mengembangkan berpikir saintifik sejak usia dini akan mempermudah transfer keterampilan saintifik yang mereka miliki menjadi area akademik yang dapat mendukung prestasi akademik saat anak masuk jenjang SD, SMP,SMA, dan perguruan tinggi.


Keywords


Pembelajaran, Permendikbud, Kurikulum.

References


Abdul Majid, Pembelajaran Tematik Terpadu, Bandung : Rosda Karya, 2014.

Dirjen PAUD, Pedoman Pembelajaran Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Saintifik, Diknas, 2014.

E. Mulyasa, Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013, Bandung : Rosda Karya, 2014.

Hasnidah, Panduan Pendidik Dalam Megimplementasikan Kurikulum PAUD 2013, Jakarta :Luxima, 2016.

Lexy J Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1990.

Muhammmad Fahthurrohman, Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013, Yogyakarta : Kalimedia, 2015.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini No 146 tahun 2014, Jakarta Pusat: Kemendikbud, 2015.

Rusman, Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik, dan Penilaian, Jakarta: Grafindo Persada, 2015




DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v6i2.9895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

P-ISSN:2355-7443

E-ISSN: 2657-0785

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

 


View My Stats
Flag Counter