MEDIA KARTU “HIPAT” SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN PAUD DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Abstract
Artikel ini merupakan kajian mengenai Media Kartu “HIPAT” sebagai Inovasi Pembelajaran PAUD di Era Revolusi Industri 4.0. Tujuan dari kajian ini adalah mendeskripsikan pentingnya inovasi pembelajaran PAUD melalui kartu HIPAT. Salah satu kemampuan yang akan dikembangkan menggunakan kartu HIPAT yaitu kemampuan berhitung permulaan. Hal ini didasari dari tuntutan orang tua yang menginginkan anak mereka menguasi calistung sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi pendidik dalam berinovasi tentang media pembelajaran. Tentunya sesuai dengan standar PAUD yang dikeluarkan dalam Permendikbud No. 137 Tahun 2014. PAUD yang dilaksanakan harus berdasarkan prinsip pembelajaran PAUD dan sesuai dengan ketentuan standar nasional. Dengan adanya media kartu HIPAT sebagai Inovasi Pembelajaran PAUD memberikan pemahaman pada anak terhadap kemampuan berhitung secara mudah, menyenangkan dan menjadi bagian dari kehidupan anak sehari-hari. Media kartu HIPAT sebagai Inovasi Pembalajaran PAUD sehingga diharapkan memberikan kontribusi positif di Era Revolusi Industri 4.0.
Kata Kunci: Media Kartu HIPAT; Berhitung Permulaan; Pembelajaran PAUD.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v6i2.9899
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id
P-ISSN:2355-7443
E-ISSN: 2657-0785