PENERAPAN METODE PERMAINAN AKTIF MENGGUNAKAN MEDIA DAUR ULANG SAMPAH UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA ANAK DI PAUD PERMATA HATI

Hasan Hasan

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh metode permainan aktif menggunakan media daur ulang sampah terhadap peningkatan kepedulian anak dalam menjaga lingkungan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru di lapangan, peneliti menemukan bahwa kepedulian dan inisiatif anak untuk menjaga lingkungan masih sangat rendah, salah satunya anak masih membuang sampah sembarangan. Hal ini dikarenakan guru hanya memberikan stimulasi secara verbal tanpa memberikan contoh konkret yang menarik bagi anak dalam menjaga lingkungan dan pemanfaatan sampah. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian dengan menerapkan metode permainan aktif menggunakan media daur ulang sampah untuk meningkatkan kepedulian anak terhadap lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen, dilakukan melalui pendekatan permainan aktif dengan menggunakan media daur ulang sampah di PAUD Permata Hati. Peneliti menciptakan 4 permainan aktif, yaitu : 1) permainan bowling botol; 2) permainan bola dus; 3) permainan lari kresek; 4) permainan lompat tali berwarna. Pengambilan data dilakukan sebanyak 5 kali. 1 kali pretest, 3 kali perlakuan dan 1 kali post test. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode permainan aktif menggunakan media daur ulang sampah terhadap peningkatkan karakter peduli lingkungan pada anak di PAUD Permata Hati.


Keywords


Permainan aktif, daur ulang sampah,karakter Peduli

References


Setiono,Kusdwiratri.(2008).PsikologiPerkembangan, Kajian Teori Piaget,Selman, Kohlberg, dan Aplikasi Riset. Widya Padjadjaran.

Sran, S. K. (2010).Assessing the value of choice in a token system. Journal of Applied Behavior Analysis,44 (1),1-18

Allen dan Lynn. (2008). Profil .perkembangan anak: prakelahiran hingga usia 12 tahun (terjemahan dalam bahasa Valentino). Jakarta. Indeks.

Joyce, B. & Weil, M. (2004). Model of teaching. USA: Pearson Education,

Sukadiyanto.(April 2012). Prinsip pembelajaran fisik motorik pada anak usia dini. Pelatihan pembelajaran fisik motorik bagi guru TK se - DIY. Yogyakarta: Pascasarjana UNY.

Adi, W, dkk. (2007). Pendidikan taman penitipan anak/kelompok bermain. Yogyakarta: PGTK FIP UNY.

Kamtini & Husni Wardi Tanjung. (2005). Bermain Melalui Gerak Dan Lagu di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Slamet Suyanto. (2005: 47). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Doni Koesoema A. (2007 : 80 ). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT Gramedia.

Doni Koesoema. (2009). Pendidikan Karakter di Jaman Keblinger. Jakarta: PT Grasindo.

Hurlock , Elizabet B, 1978, Child Development, Tokyo: Mv Graw Hill

M. Furqon Hidayatullah. (April 2011). Peningkatan Kualitas Pendidik dalam Membangun Karakter Peserta Didik. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Ikatan Alumni Universitas Negeri Yogyakarta,. di Universitas Negeri Yogyakarta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Citra




DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v6i2.9935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

P-ISSN:2355-7443

E-ISSN: 2657-0785

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

 


View My Stats
Flag Counter