PENGARUH POWER OTOT TUNGKAI DAN KELENTUKAN TERHADAP KEMAMPUAN TENDANGAN SABIT ATLET PENCAK SILAT PPLP DAERAH KABUPATEN MERANTI

Kamarudin Kamarudin, Zulrafli Zulrafli

Abstract


Tungkai dan Kelentukan Terhadap Kemampuan Tendangan Sabit Atlet Pencak Silat PPLP – Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti. Jenis  Penelitian ini adalah penelitian korelasi ganda dengan teknik pengukuran menggunakan teknik analisis korelasional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah atlet pencak silat PPLP – Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti sebanyak 15 orang atlet.  Sampel adalah sebagai wakil populasi yang diteliti jumlah sampel sebanyak 15 orang., teknik penarikan sampel adalah total sampling. Penelitian ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna Pemerintah Daerah Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti. Teknik Pengumpulan data dengan melakukan tes Vertical Jump, Front Split dan Kecepatan Tendangan Sabit Pencak Silat. Berdasarkan analisa data yang diperoleh dengan menggunakan korelasi ganda, didapatkan nilai r hitung sebesar 0,86 dan r tabel pada n 15 adalah 0,514 berada pada rentang 0,80 – 1,000 dengan kategori  sangat kuat. Berdasarkan analisa data dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan yaitu  Terdapat Pengaruh Power otot tungkai dan Kelentukan terhadap Kemampuan Kecepatan Tendangan Sabit Atlet Pencak Silat PPLP – Daerah Kabupaten Meranti sebesar 74,65%.

 

Kata Kunci : Power Otot Tungkai dan Kelentukan Terhadap Tendangan Sabit


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hartati, H., Destriana, D., & Junior, M. (2019). Latihan Dot Drill One Foot Terhadap Kelincahan Tendangan Sabit Dalam Ekstrakurikuler Pencak Silat. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 8(1).

Listiana, S., & Isdaryono, I. (2019). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Teknik Bawah Pencak Silat Untuk Atlet Kategori Tanding Remaja. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 8(2).

Kriswanto. Erwin Setyo, 2015. Pencak Silat. Yogyakarta : PT Pustaka Baru.

Lubis, Johansyah dan Wardoyo, Hendra. 2014. Pencak Silat Panduan Praktis. PT Raja Grafindo Persada

Muliawan, Unguh Jaya. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Gava Media

Mulyana. (2014). Pendidikan Pencak Silat Membangun Jati Diri dan Karakter Bangsa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rasydi, Sumetry. 2009. Pengaruh Metode Interval Intensif Dan Metode Interval Ekstensif Terhadap Peningkatan Daya Tahan Power Tendangan Dalam Olahraga Pencak Silat.Tesis. PPs UNP

Sastra, I., Sukirno, S., & Yusfi, H. (2018). Hubungan Power Otot Lengan Dan Kelentukan Togok Dengan Hasil Smash Open Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Bola Voli. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 7(1).

Sudiana. I Ketut, 2017. Keterampilan Dasar Pencak Silat. Depok : PT. Raja Grafindo Persada.

Syafruddin. 2011. Ilmu Kepelatihan Olahraga. Padang: UNP Press

Syafruddin. 2013. Ilmu Kepelatihan Olahraga. Padang: UNP Press

Wahyuni, D., & Kurdi, F. N. (2018). Hubungan Kekuatan Otot Lengan Dan Kelentukan Togok Dengan Hasil Servis Atas Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Bola Voli Smk Negeri 2 Palembang. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 7(1).

Widiastuti, 2011. Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta : PT Bumi Timur Jaya.




DOI: https://doi.org/10.36706/altius.v9i1.10749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan



Indexing:

sinta-logogarudagoogleroadcrossref

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862
Homepage: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/altius/index
WhatsApp Only: +62 896-6891-9112
E-mail: altius@fkip.unsri.ac.id

Creative Commons License
Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License