Respon mahasiswa terhadap perkuliahan online
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa calon guru PJOK terhadap perkuliahan daring. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner respon mahasiswa terhadap perkuliahan dalam jaringan (daring). Sampel penelitian sebanyak 124 mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan adalah desriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon mahasiswa terhadap perkuliahan daring ternyata kurang efektif. Mayoritas mahasiswa mengalami kendala yang berarti selama perkuliahan dilaksanakan sehingga membuat mahasiswa kesulitan untuk menyerap dan memahami materi perkuliahan. Mahasiswa menginginkan metode belajar yang lebih kreatif atau perkuliahan dilaksanakan secara luring jika kondisi memungkinkan. Perkuliahan bisa dilaksanakan dengan pendekatan kombinasi (daring-luring) dan pendekatan kreatif untuk Prodi Penjaskesrek yang bisa mendorong mahasiswa dan dosen untuk bisa memanfaatkan lingkungan sebagai bahan belajar yang mendukung perkuliahan daring.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9
Alchamdani, A., Fatmasari, F., Rahmadani Anugrah, E., Putri Sari, N., Putri, F., & Astina, A. (2020). The Impact of Covid19 Pandemic on Online Learning Process in the College at Southeast Sulawesi. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 12(1si), 129. https://doi.org/10.20473/jkl.v12i1si.2020.129-136
Bhasin, B., Gupta, G., & Malhotra, S. (2021). Impact of Covid-19 Pandemic on Education System. EPRA International Journal of Environmental Economics, Commerce and Educational Management, 29(9), 6–8. https://doi.org/10.36713/epra6363
Dabbagh, N. (2007). The Online Learner: Characteristics and Pedagogical Implications. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 7(3), 217–226. https://doi.org/10.1007/springerreference_302098
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669
Drumm, B. T., & Jong, A. S. Y. (2020). A Semester Like No Other : A Student and Lecturer Perspective on the Impact of COVID-19 on 3rd Level Academic Life . Perspective of a 3rd year science student . 12(3), 1–14.
Dwiyogo, W. D. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Globa, G. V. (2020). Evaluation of Efficiency of Online Education in Sphere of Physical Education of College Level Students During the Covid-19 Quarantine in Ukraine. ?????????? ???????????: ???????????, ?????? ? ????????, 96(3), 124–133. https://doi.org/10.33216/2220-6310-2020-96-3-124-133
Hasanah, A., Sri Lestari, A., Rahman, A. Y., & Danil, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. In Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30565
Hidayatullah, F., & Anwar, K. (2020). Hybrid Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Dan Menengah Maupun Pendidikan Olahraga Perguruan Tinggi. Prosiding SENOPATI (Seminar Olahraga Pendidikan Dalam Teknologi Dan Inovasi), 1(1), 1–7. Retrieved from http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/senopati/article/view/502/359
Hikmat, Hermawan, E., Aldim, & Irwandi. (2020). The Efectivity of Online Learning During Covid-19 Pandemic : An Online Survey. In Digital Library, UIN SUnan Gung Djati, Bandung. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/30625/
Ikhsan, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring pada Mata Kuliah Profesi Kependidikan. JIIM: Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(2), 254–261. Retrieved from https://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jiim/article/view/3394
Kurniawan, M. T. A. (2020). Artikel Review: Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Seminar & Conference Nasional Keolahragaan, 111–117. Retrieved from http://conference.um.ac.id/index.php/fik/article/view/453
Lee, M. G., Cho, E., & Lim, H. (2021). Exploring the Online Learning Experience of College Students Majoring Physical Education in the COVID-19 Pandemic. Journal of Digital Convergence, 19(1), 421–430. Retrieved from https://www.koreascience.or.kr/article/JAKO202110265884636.page
Marinoni, G., Land, H. van’t, & Jensen, T. (2020). The Impact of Covid-19 on Higher Education around the World. Retrieved from https://www.iau-aiu.net/IMG/pdf/iau_covid19_and_he_survey_report_final_may_2020.pdf
Mashuri, H. (2017). Shot-Shootan Basketball (Pertama). Nganjuk: CV. Adjie Media Nusantara.
Mashuri, H. (2019). Analisis Tingkat Kenikmatan Beraktifitas Fisik
Peserta Didik Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan, 3(1), 55–70. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v3i1.602
Mashuri, H. (2020). Simple Trick: Tri Dharma Perguruan Tinggi Dosen Pendidikan Jasmani Selama Pandemi Covid-19. In W. D. Dwiyogo (Ed.), Pembelajaran di Masa COVID-19 - Work from Home (pp. 65–71). Malang: Wineka Media.
Mashuri, H. (2021). Shot-Shootan Basketball: Model Latihan Shooting Bolabasket Melalui Pendekatan Kombinasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 1(1), 12–18. Malang: Universitas Negeri Malang.
Mashuri, H., & Apriliyanto, R. (2015). Survey Keterampilan Mengajar Guru Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran STKIP PGRI Jombang, 1(1), 25–26. Retrieved from
https://www.researchgate.net/publication/331345223_SURVEY_KETERAMPILAN_MENGAJAR_GURU_PENDIDIKAN_JASMANI_DAN_OLAHRAGA
Mashuri, H., Mappaompo, A., Gunarto, P., & Herpandika, R. P. (2021). Pendekatan Kreatif Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan: Adaptasi Pandemi COVID-19 untuk Membentuk Gaya Hidup Sehat. SEMDIKJAR 4: Seminar Pendidikan Dan Pembelajaran. Kediri: FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Muhyi, A. A., Septiadi, F., & Maulana, F. (2021). Respons Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi terhadap Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19. Journal of Education and Sport Science, 2(1), 9–14. Retrieved from https://www.publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/JESS/article/view/4817/3588
Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129–135. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763
Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932
Rahman, T. (2020). Peran Strategis Orang Tua dan Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan secara Daring di Era New Normal. In H. N. Muhammad (Ed.), Strategi, Proses, Evaluasi dan Model Pembelajaran (pp. 51–55). Surabaya: Unesa University Press.
Rahman, T., Prasetyo, D. A., & Mashuri, H. (2021). The Impact of Online Learning During The Covid-19 Pandemic on Physical Education Teachers. Jurnal Halaman Olahraga Nusantara, 4(II), 294–304. https://doi.org/10.31851/hon.v4i2.5638
Rahmatih, A. N., & Fauzi, A. (2020). Persepsi mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam menanggapi perkuliahan secara daring selama masa Covid-19. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 143–153.
Simamora, R. M., De Fretes, D., Purba, E. D., & Pasaribu, D. (2020). Practices, Challenges, and Prospects of Online Learning during Covid-19 Pandemic in Higher Education: Lecturer Perspectives. Studies in Learning and Teaching, 1(3), 185–208. https://doi.org/10.46627/silet.v1i3.45
Sumarwoto, S. (2020). Perspektif Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Daerah Terhadap Perkuliahan Daring. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 12(03), 258–264. https://doi.org/10.52166/madani.v12i03.2174
Supriadin, & Sakti, N. W. P. (2021). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Pendidikan Jarak Jauh ( PJJ ) Selama Pandemi COVID-19 Pada Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Tahun Ajaran 2020 / 2021. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 6(1), 25–30. https://doi.org/10.36312/jupe.v6i1.2267
Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458
Wijayanti, P. S., Rohmawati, S., & Revianti, P. (2018). Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Penggunaan Bahan Ajar Melalui E-Learning Dalam Perkuliahan. Prosiding Seminar Nasional FKIP, 303–309. https://doi.org/10.24071/snfkip.2018.31
Yu, J., & Jee, Y. (2021). Analysis of online classes in physical education during the covid-19 pandemic. Education Sciences, 11(1), 1–14. https://doi.org/10.3390/EDUCSCI11010003
DOI: https://doi.org/10.36706/altius.v10i2.15217
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing:
Office:Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862
E-mail: altius@fkip.unsri.ac.id
Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons — Attribution 4.0 International — CC BY 4.0