• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Pertama pada masa dan setelah Covid-19 | Putri | Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan

    Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Pertama pada masa dan setelah Covid-19

    Intannia Eka Putri, Didik Rilastiyo Budi, Arfin Deri Listiandi, Ngadiman Ngadiman, Kusnandar Kusnandar, Rohman Hidayat, Panuwun Joko Nurcahyo

    Abstract


    Pembelajaran di masa dan setelah pandemi Covid-19 dilaksanakan dengan dua metode, yaitu pembelajaran online atau daring dan pembelajaran tatap muka atau luring. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode tersebut merupakan hal baru bagi mata pelajaran PJOK di sekolah, sehingga perlu adanya evaluasi dari proses pelaksananya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring dan luring PJOK di jenjang Sekolah Menegah Pertama (SMP). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Purbalingga menggunakan sampel 239 peserta didik dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan skala pengukuran dan persentase. Hasil Penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran daring dan luring PJOK di SMP Negeri 2 Purbalingga secara keseluruhan berada pada kategori sangat baik. pelaksanaan pembelajaran daring PJOK aspek pendahuluan memperoleh nilai indeks 94,02%, aspek inti memperoleh indeks 87,79%, dan aspek penutup memperoleh indeks 88,51%. Sedangkan pelaksanaan pembelajaran luring PJOK aspek pendahuluan memperoleh nilai indeks 94,94%, aspek inti memperoleh indeks 90,33%, dan aspek penutup memperoleh indeks 90,33%. Kesimpulan: (1) Pelaksanaan pembelajaran daring dan luring PJOK di SMP Negeri 2 Purbalingga menunjukkan kategori sangat baik pada setiap aspek, (2) Dari hasil persentase pelaksanaan pembelajaran luring lebih unggul 1,64% dibandingkan pembelajaran daring.


    Keywords


    Pembelajaran Daring; Pembelajaran Luring; Pendidikan Jasmani; Sekolah Menengah Pertama

    References


    Abduljabar, B. (2011). Pengertian pendidikan jasmani. Ilmu Pendidikan, 1991, 36. http://file.upi.edu/Direktori/FPOK/JUR._PEND._OLAHRAGA/196509091991021-BAMBANG_ABDULJABAR/Pengertian_Penjas.pdf

    Agustan, B., & Hidayat, A. R. (2021). Play Teach Play: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Passing Futsal. Physical Activity Journal, 2(2), 159. https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.2.2.3875

    Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. PT Grafindo Persada.

    Basuki, S. (2016). Pendekatan Saintifik pada Penjasorkes dalam Rangka Membentuk Jati Diri Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 12(2), 117–124. https://doi.org/10.21831/jpji.v12i2.17111

    Bayu, W. I., Syafaruddin, S., Yusfi, H., Syamsuramel, S., Solahuddin, S., & Victorian, A. R. (2021). Gambaran aktivitas fisik dan indeks massa tubuh calon guru pendidikan jasmani selama pandemi Covid-19. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 20(2), 130. https://doi.org/10.20527/multilateral.v20i2.10394

    Bayu, W. I., Waluyo, W., & Victorian, A. R. (2020). Survei Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Selama Pandemi Covid-19. Bravo’s : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 8(4), 161. https://doi.org/10.32682/bravos.v8i4.1748

    Budi, D. R. (2015). Pengaruh Modifikasi Permainan Vobas Dan Kebugaran Jasmani Terhadap Peningkatan Kerjasama Siswa Dalam Pembelajaran Penjas Di SMP. Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia, 1–9.

    Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2021). Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani Abstrak. Budi, D. R. (2021, February 1). Supplemental Materials for Preprint: Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Retrieved From. https://doi.org/10.31219/osf.io/xzh3g

    Dewi, R. P., & Sepriadi, S. (2021). Minat Siswa SMP Terhadap Pembelajaran PJOK Secara Daring Pada Masa New Normal. Physical Activity Journal, 2(2), 205. https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.2.2.3988

    Fadila, A., Budi, D. R., Listiandi, A. D., Ngadiman, N., & Festiawan, R. (2021). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas. Physical Activity Journal, 3(1), 23. https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.3.1.4350

    Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakrta: Yuma Pustaka, 29.

    Hartati, Aryanti, S., Destriana, Destriani, Yusfi, H., & Bayu, W. I. (2020). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Penjaskes Berorientasi Pada Media Pembelajaran Interaktif. Bravo’s, 8(01), 13–18. https://doi.org/10.32682/bravos.v8i1.1451

    Hasanah, N. R., Adi, I. P. P., & Suwiwa, I. G. (2021). Survey Pelaksaan Pembelajaran Pjok Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 189–196. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1295

    j Laxy, M. (2014). Penelitian Kuantitatif, Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

    Jaya, I. K. O. P., Yoda, I. K., & Iwan Swadesi, I. K. (2021). Survey Keterlaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Berbasis Daring Tingkat SMP. Jurnal Penjakora, 8(2), 151. https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i2.32462

    Kadek Yogi Parta, L. P. S. W. (2016). Pengaruh Model Dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kemampuan Dasar Senam Lantai Pada Mahasiswa Jurusan Penjaskesrek Undiksha. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 97. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8932

    Kustanto, M., & Sholihah, F. (2021). Persepsi Generasi Milenial Kabupaten Sidoarjo terhadap Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 17(1), 47–60. https://doi.org/10.33658/jl.v17i1.227

    Maulidia, T. R., & Ridwan, M. (2021). Efektivitas penerapan media pembelajaran interaktif terhadap sikap kritis pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 10(2), 206–214. https://doi.org/10.36706/altius.v10i2.15686

    Nissa, S. F., & Haryanto, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 402. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.840

    Pattanang, E., Limbong, M., & Tambunan, W. (2021). Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Pada Smk Kristen Tagari. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 112–120. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3275

    Pradipta, G. D., Maliki, O., & Hudah, M. (2021). Survei Efektifitas Pembelajaran Penjas Di SD Melalui Daring Se-Kecamatan Petarukan Pemalang. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 2(2), 7–11. https://doi.org/10.53869/jpas.v2i2.91

    Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

    Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405

    Rojali, W. I., Ngadiman, Budi, D. R., Nurcahyo, P. J., & Febriani, A. R. (2021). Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 7(2), 87–97. https://doi.org/10.51836/je.v7i2.272

    Setiawan, A., Yudiana, Y., Ugelta, S., Oktriani, S., Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2020). Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Siswa Sekolah Dasar: Pengaruh Keterampilan Motorik (Tinggi) dan Model Pembelajaran (Kooperatif). TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 3(2), 59–65. https://doi.org/10.17509/tegar.v3i2.24513

    Sugiyono, P. D. (2016). metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. In Alfabeta, cv. Alfabeta.

    Widiutama, P. A., Adi, I. P. P., & Semarayasa, I. K. (2021). Motivasi Peserta Didik Mengikuti Pembelajaran PJOK di Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(2), 71. https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.35433

    Wiraguna, I. N., Agung Parwata, I. G. L., & Semarayasa, I. K. (2021). Motivasi Mengikuti Pembelajaran Pjok Peserta Didik Sma Di Kecamatan Bangli Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 185. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.30672




    DOI: https://doi.org/10.36706/altius.v11i1.17871

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2022 Author(s)

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

    Indexing:

    sinta-logogarudagoogleroadcrossref JournalStories Main logo

    Office:

    Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862
    E-mail: altius@fkip.unsri.ac.id

    Creative Commons License

    Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons — Attribution 4.0 International — CC BY 4.0