Gross motor stimulation in deaf children in SLB-B Karya Ibu Palembang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana stimulus anak tuna rungu di SLB-B Karya Ibu serta apakah di SLB-B Karya Ibu sudah memberlakukan dan menerapkan stimulus motorik kasar terhadap anak usia dini 5-8 tahun dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan strategi subjektif. Hasil penelitian stimulus motorik kasar pada anak tuna rungu usia dini sudah baik yang dilaksanakan dan diberlakukan melalui program semester, silabus, dan RPP/RKH yang ada sebagai pendukung stimulus motorik kasar pada anak tuna rungu, dengan memberlakukan permainan yang dimodifikasi dan olahraga atletik yang dimodifikasi dan disesuaikan terhadap kondisi serta keadaan ketunaan yang dialami anak-anak disabilitas. Sehingga kategori dan klasifikasi untuk anak-anak tuna rungu menjadi salah satu faktor pendukung untuk mereka bisa mendapatkan pendidikan yang layak sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku. Dan tidak ada perbedaan terhadap pendidikan dan anak-anak tuna rungu juga berhak mendapatkan pendidikan yang layak seperti anak normal lainya
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Buku
Jati Rinakri Atmaja M.Pd. (2017). Pendidikan Dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Jurnal
Hapsari, I. I., & Mardiana, M. (2016). Empati dan motivasi kerja guru sekolah luar biasa. JPPP-Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 5(1), 48-56.
Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal Kependidikan, 24-44.
Pawestri, A. (2017). Hak penyandang disabilitas dalam perspektif HAM internasional dan HAM nasional. Era Hukum-Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum, 15(1).
Syukria, O. A., & Supriyanto, S. (2016). Determinan Pemanfaatan Puskesmas pada Anak Penyandang Disabilitas. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 4(1), 37-47.
Undang-undang
Undang-undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang sistem pendidikan nasional pada Pasal 1 Ayat 1 tentang pengertian pendidikan
DOI: https://doi.org/10.36706/altius.v11i2.17906
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexing:
Office:Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862
E-mail: altius@fkip.unsri.ac.id
Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons — Attribution 4.0 International — CC BY 4.0