Optimalisasi pembelajaran senam melalui project based learning selama tatap muka terbatas

Guntum Budi Prasetyo, Basuki Basuki

Abstract


Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Kemmis dan Mc. Taggart dalam Creswell & Poth, (2018) menyatakan bahwa PTK adalah studi yang dilakukan untuk memperbaiki diri sendiri, pengalaman kerja sendiri, yang dilaksanakan secara sistematis, terencana, dan dengan sikap mawas diri. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan  cara  induktif. Hasil tes gerakan senam lantai guling ke depan siklus I di atas dapat diketahui rata-rata skor keberhasilan siswa dalam menguasai gerakan senam lantai guling ke depan adalah termasuk kategori baik nilai rata-rata 76,44%, dilanjutkan ke siklus II dengan hasil Hasil tes skor keberhasilan siswa dalam menguasai gerakan senam lantai guling ke depan mencapai 94,77%. Maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Project Learning dapat meningkatkan kemampuan senam lantai pada siswa kelas X SMK Sultan Agung 1 Tebuireng tahun pelajaran 2021/2022, peningkatan tergolong tinggi.


Keywords


Pendidikan Jasmani; Pembelajaran; Senam Lantai; Project Learning

References


Basuki, B., Rahman, T., Prakoso, B. B., & Bayu, W. I. (2021). Pemenuhan kebutuhan aktivitas fisik peserta didik selama pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 17(1), 48–56. https://doi.org/10.21831/JPJI.V17I1.42666

Basuki, Nurhasan, & Suroto. (2021). Movement and Sports Activities through Games to Enhance the Skills of Creative Thinking and Quality of Learning Process for Children Aged 14–15. In Sport i Turystyka (Vol. 4, Issue 1, pp. 115–128). https://doi.org/10.16926/sit.2021.04.06

Basuki, Rahayu Prasetiyo, & Faisol Hamid. (2022). Optimalisasi Pembelajaran Perkembangan dan Belajar Motorik Melalui Smartclass Selama PTM di Masa Covid 19. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(2), 87–95. https://doi.org/10.46838/spr.v3i2.208

Bayu, W. I., Nurhasan, N., Suroto, S., & Solahuddin, S. (2022). Peer observation, self-assessment, and circuit learning: improving critical thinking and physical fitness in physical education. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 41(2), 308–320. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.38654

Febrianti1, D., Gunatama, G., & Sutama, I. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Merancang Proposal Karya Ilmiah Pada Siswa Kelas Xi Kuliner 2 Di Smk Nusa Dua Gerokgak. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 1–10.

Helle, L., Tynjälä, P., & Olkinuora, E. (2006). Project-based learning in post-secondary

education – theory, practice and rubber sling shots. Higher Education, 51, 287–

https://doi.org/10.1007/s10734-004-6386-5.

Hidayah, R., Maharani, D. K., & Muchlis. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Kimia SMA Di MGMP Kimia SMA Kabupaten Kediri. Jurnal ABDI, 5(2), 107–110. https://doi.org/10.26740/ja.v5n2.p107-110.

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016) Project-based learning: A review of

the literature. Improving Schools, 19(3), 267-277.

https://doi.org/10.1177/1365480216659733.

Maksum, A. (2012). Metodologi penelitian dalam olahraga (p. 29). Universitas Negeri Surabaya.

Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Suryatama, R. Y., & Ibrahim. (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-an Dalam Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.24036/sporta.v5i2.140

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15.

Thomas, J. W. (2000). A review of research on project-based learning. San Rafael, CA:

The Autodesk Foundation.

Yew, E & Schmidt, H. (2009). Evidence for constructive,self-regulatory, and collaborative processes in problem-based learning. Advances In Health Sciences Education, 14(2), 251-273.

Zajkov, O. & Mitrevski, B. (2012). PBL: Dilemmas and questions! Macedonian Physics Teacher, 48, 1-11.




DOI: https://doi.org/10.36706/altius.v11i2.18233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Guntum Budi Prasetyo, Basuki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

sinta-logogarudagoogleroadcrossref JournalStories Main logo

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862
E-mail: altius@fkip.unsri.ac.id

Creative Commons License

Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons — Attribution 4.0 International — CC BY 4.0