LATIHAN RUNNING ABC TERHADAP HASIL KECEPATAN LARI 100 METER PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan running abc terhadap peningkatan kecepatan lari 100 meter pada kegiatan ekstrakurikuler atletik SMP Negeri 44 palembang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, populasi penelitian adalah seluruh siswa putra SMP Negeri 44 Palembang, sampel dalam penelitian ini siswa putra yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang berjumlah 60. Tes yang dilakukan adalah lari 100 meter. Hasil pretest kelompok eksperimen didapat waktu rata-rata 16.32, sedangkan hasil pretest kelompok kontrol menunjukkan waktu rata-rata 16.31, sedangkan rata-rata posttest 15.98 detik. Hasil penelitian ini adalah running abc dapat mempengaruhi kemampuan kecepatan lari dari sebelum di beri perlakuan latihan, rata-rata peningkatan kemampuan kecepatan lari 100 meter 0.34 detik tehnik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan tes uji t. Hasil uji t menunjukkan bahwa ttable= 1,71 sedangkan uji thitung = 11,66> ttabel 0,95 (29) = 1,71, temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan dalam penelitian ini, dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima. Ada pengaruh latihan running abc terhadap peningkatan kecepatan lari 100 meter pada kegiatan ekstrakurikuler atletik SMP Negeri 44 Palembang. Aplikasi Penelitian ini adalah latihan running abc dapat dijadikan salah satu bentuk latihan untuk meningkatkan lari 100 meter.
Kata Kunci : latihan running abc, lari 100 meterFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/altius.v7i2.8098
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan
Indexing:
Office:Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862
E-mail: altius@fkip.unsri.ac.id
Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons — Attribution 4.0 International — CC BY 4.0