UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN BELADIRI PENCAK SILAT MELALUI PENDEKATAN KERJA KELOMPOK
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan pembelajaran beladiri pencak silat melalui pendekatan kerja kelompok kelas X IPS 1 di SMA Srijya Negara. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode deskriftif dengan menggunakan jenis penelitian “Classroom Action Research”(Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklusnya dengan 2 x Pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan halhal sebagai berikut: Berdasarkan data ketuntasan hasil belajar beladiri pencak silat siswa kelas X IPS 1 SMA Srijaya Negara pada prasiklus, setelah siklus 1 dan setelah siklus 2 menunjukkan bahwa, pembelajaran dengan kerja kelompok dapat meningkatkan motivasi dan antusia siswa dalam mempelari beladiri pencak silat, pencak silat menggunakan komunikasi dalam kelompok dapat meningkatkan hasil belajar pencak silat.
Kata kunci: Pembelajaran Pencak Silat, Kerja Kelompok
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/altius.v7i2.8102
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan
Indexing:
Office:Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862
E-mail: altius@fkip.unsri.ac.id
Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons — Attribution 4.0 International — CC BY 4.0