LATIHAN MEDICINE BALL TERHADAP HASIL CHEST PASS PADA PERMAINAN BOLA BASKET SISWA PUTRA SMP
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan medicine ball pada siswa putra permainan bola basket. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain randomize control group design. Sampel berjumlah 60 orang siswa angkatan 2017 setelah itu dibagi dua kelompok dengan menggunakan ordinal pairing 30 kelompok eksperimen dan 30 kelompok kontrol kelompok eksperimen diberikan perlakuan latihan medicine ball sedangkan kelompok kontrol tidak diberi perlakuan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik tes yaitu instrumen tes mengukur kemampuan dasar atau prestasi orang coba (testee) dengan tes perbuatan. Hasil penelitian didapatkan rata-rata hasil pre test kelompok eksperimen 27,53 sedangkan kelompok kontrol rata-rata 20,06 hasil post test kelompok eksperimen 27,53 sedangkan kelompok kontrol 22,07. Adapun perbedaan rata-rata hasil kelompok eksperimen 7,46 sedangkan rata-rata kelompok kontrol 2,01, berdasarkan data hasil analisis penelitian didapati thitung (25,695) > ttabel (2,045) dan nilai sig. (p) 0,000 < dari 0.05. Temuan penelitian ini terdapat pengaruh latihan medicine ball yang signifikan terhadap hasil chest pass. Implikasi dari penelitian ini bahwa latihan medicine ball dapat di jadikan variasi latihan untuk meningkatkan hasil chest pass pada permainan bola basket.
Kata kunci : Latihan medicine ball, chest pass , bola basket.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/altius.v7i2.8117
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan
Indexing:
Office:Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862
E-mail: altius@fkip.unsri.ac.id
Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons — Attribution 4.0 International — CC BY 4.0