Pengembangan Wall Chart Sejarah Pemberontakan DI/TII Jawa Barat

Moch. Nurfahrul Lukmanul Khakim, Abdul Fattah, Muhammad Lingga Andana, Putri Nur Fahriyanti

Abstract


Abstrak: Bahan ajar sangat diperlukan dalam proses penyampaian ilmu pengetahuan di kelas agar target tujuan pembelajaran tercapai sesuai dengan kurikulum yang digunakan. Salah satunya bahan ajar yang disusun untuk mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XII adalah Wall Chart. Metode penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar mulai dari analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian yaitu Peserta Didik Kelas XII SMA. Materi bahan ajar yang digunakan yaitu “Pemberontakan  DI/TII Jawa Barat”. Pemberontakan tersebut diprakarsai oleh seorang aktivis bernama S. M. Kartosuwiryo. Perbedaan ideologi antara kelompok Islam dengan kelompok nasionalis pemicu terjadinya pemberontakan. Berdasarkan hasil survei diperoleh data bahwa pengembangan wall chart efektif dari empat indikator (Pendukung pembelajaran, pemaparan materi, pembelajaran mandiri dan menambah pengetahuan) yang digunakan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan Wall Chart Pemberontakan DI/TII Jawa Barat efektif membantu peserta didik dalam memahami materi Pemberontakan DI/TII Jawa Barat.

Kata Kunci: Bahan Ajar, Wall Chart, DI/TII Jawa Barat, S. M. Kartosuwirjo.


Abstract: Teaching materials are needed in the process of delivering knowledge in the classroom so that the learning objectives are achieved in accordance with the curriculum used. One of the teaching materials prepared for the Class XII Indonesian History subject is the Wall Chart. This research method is the development of teaching materials ranging from analysis, design, development, implementation, and evaluation. The research subjects are students of class XII SMA. The teaching materials used are "DI/TII West Java Rebellion". The rebellion was initiated by an activist named S. M. Kartosuwiryo. The ideological difference between the Islamic group and the nationalist group triggered the rebellion. Based on the survey results obtained data that the development of an effective wall chart of the four indicators (Supporting learning, material exposure, independent learning and increasing knowledge) are used. So it can be concluded that the development of the DI/TII West Java Rebellion Wall Chart is effective in helping students understand the material for the West Java DI/TII Rebellion.

Keywords: Teaching Materials, Wall Chart, DI / TII West Java, S.M Kartosuwiryo.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jc.v10i2.11626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Moch. Nurfahrul Lukmanul Khakim, Abdul Fattah, Muhammad Lingga Andana, Putri Nur Fahriyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah
Program Studi Pendidikan Sejarah
Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
FKIP Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang-Prabumulih, km. 32. Indralaya-Ogan Ilir
email: criksetra@fkip.unsri.ac.id
 
P-ISSN: 1978-8673 
E-ISSN: 2656-9620

 Indexed By:

   

Publish by:

Sriwijaya University in collaboration with Association of History Education Programs throught Indonesia (Persatuan Program Studi Pendidikan Sejarah se-Indonesia/P3SI):

Flag Counter

 

Lisensi Creative Commons

Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah by E-Journal Sriwijaya University is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats