Model Pembelajaran Holistik dan Internalisasi Nilai Nilai Karakter Siswa SMA dalam Pembelajaran Sejarah

Nur Ahyani

Abstract


Dalam rangka pembentukan karakter peserta didik maka perlu mengintegrasikan pendidikan karakter di dalam setiap mata pelajaran untuk mewujudkan manusia-manusia Indonesia yang berkarakter mulia. Dalam praktek pendidikan nasional dewasa ini, terdapat ketidak sesuaian antara  cita-cita pendidikan nasional dengan realitas sosial yang terjadi, antara lain  perkelaihan antar pelajar, penyalah gunaan obat-obat terlarang. Fenomena-fenomena tersebut dapat disebabakan antara lain faktor guru, kurikulum, dan perangkat pembelajaran. Sejarah merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SMA, fungsi mata pelajaran sejarah diarahkan untuk pembentukan kepribadian/karakter. Jika mata pelajaran sejarah dikaitkan dengan pendidikan karakter dan disampaikan dengan menarik, maka siswa tidak akan merasa jenuh,bahkan timbul nasionalisme dan memiliki karakter yang mulia. Model pembelajaran holistik berbasis karakter merupakan salah satu model yang dapat digunakan dalam pembelajaran sejarah  sebagai sarana internalisasi nilai-nilai karakter siswa..

Kata Kunci: Model Pembelajaran Holistik, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Sejarah.


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.36706/jc.v3i2.4764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Nur Ahyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah
Program Studi Pendidikan Sejarah
Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
FKIP Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang-Prabumulih, km. 32. Indralaya-Ogan Ilir
email: criksetra@fkip.unsri.ac.id
 
P-ISSN: 1978-8673 
E-ISSN: 2656-9620

 Indexed By:

   

Publish by:

Sriwijaya University in collaboration with Association of History Education Programs throught Indonesia (Persatuan Program Studi Pendidikan Sejarah se-Indonesia/P3SI):

Flag Counter

 

Lisensi Creative Commons

Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah by E-Journal Sriwijaya University is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats

https://siapadia.riau.go.id/plugins/pulsa-limaribu/bajak scatterhttps://pmb.uts.ac.id/cbt/public/hitam/https://ftk.parahikma.ac.id/robopragma/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/kakekslotakun pro jepangkkn777https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://pmt.unwir.ac.id/dist/demoslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/kkn777casino onlineturbox500

https://maxplay99.cohttps://dewata138.co/https://kepri168.orghttps://ibcslot.co/https://boss69.nethttps://nugget18.comhttps://bos77slot.cohttps://queen4dwin.comhttps://asiasuperbetgacor.comhttps://indobet8slot.comhttps://mghslotgacor.comhttps://cery88gacor.comhttps://hokigaming777slot.com
slot gacor slot maxwin slot thailand slot demo togel online bandar togel dagangtoto slot gacor slot gacor slot online slot gacor scatter hitam mulia77 mulia77 slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor https://jdih1.sambas.go.id/assets/ https://jdih1.sambas.go.id/assets/?site=uang4d dagangtoto slot gacor scatter hitam slot gacor mulia77 slot pragmatic slot gacor mulia77 mulia77 dagangtoto rtp slot slot gacor slot gacor slot gacor maxwin slot gacor mulia77 slot maxwin slot gacor maxwin slot gacor slot terpercaya slot gacor maxwin slot pragmatic slot gacor pragmatic play slot gacor mulia77 link slot gacor skl77 slot gacor maxwin77 slot gacor slot thailand slot gacor slot thailand slot gacor terpercaya slot online slot gacor link slot gacor slot online terpercaya mulia77 slot gacor mantap21 mulia77 https://jdih.wantannas.go.id/amp/ slot gacor muliajp slot gacor slot online