Pengaruh Penggunaan Media Bulletin Board terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Tahun Ajaran 2016/2017
Abstract
Penelitian ini berjudul ‘’Pengaruh Penerapan Media Bulletin board Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas X SMAN 1 Indralaya Tahun Ajaran 2016/2017’’. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 5 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 34 orang. diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Statistik yang digunakan untuk menganalisa data dalam pembuktian hipotesis adalah regresi sederhana dengan taraf signifikan F tabel dk= 14 sebagai angka pembilang dk = 18 sebagai angka penyebut dan ()= 0,05. Berdasarkan data analisis yang dilakukan pada kelas eksperimen diperoleh F hitung = 1,92 dan F tabel = 2,29 atau F hitung < F tabel dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ‘’ada pengaruh penerapan media bulletin board terhadap hasil belajar sejarah di kelas X SMAN 1 Indralaya tahun ajaran 2016/2017 diterima.
Kata kunci : Media Bulletin board, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jc.v6i2.5318
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Desi Lusiana, Sani Safitri, Alian Sair
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By:
Publish by:
Sriwijaya University in collaboration with Association of History Education Programs throught Indonesia (Persatuan Program Studi Pendidikan Sejarah se-Indonesia/P3SI):
Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah by E-Journal Sriwijaya University is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats