PENGARUH PENERAPAN MEDIA CETAK BERBASIS LEAFLET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMA NEGERI 1 INDRALAYA

Muzakki Adila, Supriyanto Supriyanto, Sani Safitri

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pengaruh penerapan media cetak berbasis leaflet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 1 Indralaya. Adapun rumusan masalah penelitian yaitu apakah ada tidaknya pengaruh penerapan media cetak berbasis leaflet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 1 Indralaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan media cetak berbasis leaflet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 1 Indralaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen yang berjenis true exsperimental design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Indralaya yang terdiri dari 8 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan random samplingsehingga terpilihlah kelas X  IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol. Dari hasil belajar siswa didapat nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 77,13dan kelas kontrol sebesar 68,46. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini yakni uji t, dari perhitungan diperoleh nilai thitung > ttabel atau 10,32>2,01 sehingga dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh penerapan media cetak berbasis leaflet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 1 Indralaya.

 

Kata – kata Kunci : Media cetak berbasis leaflet, hasil belajar siswa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jc.v6i2.5321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah
Program Studi Pendidikan Sejarah
Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
FKIP Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang-Prabumulih, km. 32. Indralaya-Ogan Ilir
email: criksetra@fkip.unsri.ac.id
 
P-ISSN: 1978-8673 
E-ISSN: 2656-9620

       

View My Stats

Flag Counter

 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.