Pemerintahan Nagori Rabuhit 1968-2017

Ahmad Fakhri Hutauruk, Andres M Ginting

Abstract


Nagori Rabuhit yang berada di Kecamatan Gunung Maligas Kabupaten Simalungun yang dahulunya dihuni oleh etnik Simalungun menjelma menjadi pemukiman etnik Jawa. Hal ini disebabkan beberapa faktor yang membuat penduduk “asli” keluar dari daerah tersebut. Nagori Rabuhit telah memiliki pemerintahan jauh sebelum era 60-an yang diyakini telah memiliki sistem pemerintahan sebelum Kemerdekaan Republik Indonesia. Oleh karena itu perlu diteliti lebih dalam bagaimana berdirinya pemerintahan Nagori Rabuhit tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) observasi, (2) wawancara, (3) studi dokumen dan (4) studi pustaka. Sedangkan teknik analasis data peneliti melakukan: (1) heuristik, (2) verifikasi, (3) interprestasai dan (4) historigrafi. Adapun hasil penelitian yang diperoleh bahwa jauh sebelum tahun 1960-an pemerintahan Nagori Rabuhit sudah berdiri, namun menjadi kendala untuk menentukan sejak tahun berapa pastinya berdiri pemerintahan tersebut. Hal ini dikarenakan tidak ditemukannya bukti tertulis mengenai kapan berdiri dan siapa pendiri nagori tersebut. Hasil wawancara juga tidak menunjukkan hasil yang signifikan karena para narasumber juga tidak pernah melihat bukti tertulis sejak kapan berdirinya Nagori Rabuhit tersebut. Seiring perkembangan zaman, Nagori Rabuhit menjadi desa mandiri dan maju baik dari aspek ideologi, politik, sosial, ekonomi, budaya, pertahanan dan keamanan. Hal ini didorong juga dengan adanya trasnmigran dari Jawa yang membuat Nagori Rabuhit kaya akan nilai-nilai kultural akibat proses akulturasi di Nagori tersebut.

Kata Kunci: Pemerintahan, Nagori Rabuhit


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jc.v8i2.9246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah

Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah
Program Studi Pendidikan Sejarah
Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
FKIP Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang-Prabumulih, km. 32. Indralaya-Ogan Ilir
email: criksetra@fkip.unsri.ac.id
 
P-ISSN: 1978-8673 
E-ISSN: 2656-9620

 Indexed By:

    

In collaboration with Association of History Education Programs throught Indonesia (Persatuan Program Studi Pendidikan Sejarah se-Indonesia/P3SI):

Flag Counter

 

Lisensi Creative Commons

Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah by E-Journal Sriwijaya University is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats