Kuliah Lapangan Sejarah sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Mahasiswa STKIP PGRI Lubuklinggau

Agus Susilo, Ratna Wulansari

Abstract


Pendidikan Sejarah adalah bagian dari pembelajaran menelaah masa lampau yang dikaji berdasarkan masa saat ini. Perguruan Tinggi memiliki program dalam pengembangan Pendidikan Sejarah pada mahasiswanya. Program Kuliah Lapangan Sejarah pada mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Lubuklinggau adalah sebuah program yang bersinergi dengan mata kuliah wajib mahasiswanya. Kuliah Lapangan Sejarah adalah bagian dari penguatan pendidikan karakter. Pendidikan karakter menjadi kajian dalam kurikulum 2013 yang mengedepankan sikap dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Mahasiswa yang mengunjungi situs-situs Sejarah diharapkan memperoleh pengetahuan dan wawasan langsung dari obyek yang dikunjunginya, serta mampu menyerap ilmu yang didapat dari studi lapangan tersebut. Nilai-nilai kearifan lokal yang terdapat dalam peninggalan sejarah menjadi bahan renungan dan tindakan untuk terus mengembangkan dan memelihara peninggalan bersejarah yang bernilai tinggi. Hasil dari kunjungan Kuliah Lapangan Sejarah oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Lubuklinggau diharapkan pembelajaran sejarah di lapangan dapat membangkitkan semangat mahasiswa dalam belajar untuk lebih mengetahui sejarah yang lebih luas. Selain itu, mampu penyerapan pengetahuan terhadap peninggalan bersejarah membentuk karakter mahasiswa yang baik, yang berinovatif, pekerja keras, dan berwawasan global. 

Kata Kunci: Kuliah Lapangan Sejarah, Pendidikan Karakter


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jc.v8i2.9369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah
Program Studi Pendidikan Sejarah
Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
FKIP Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang-Prabumulih, km. 32. Indralaya-Ogan Ilir
email: criksetra@fkip.unsri.ac.id
 
P-ISSN: 1978-8673 
E-ISSN: 2656-9620

       

View My Stats

Flag Counter

 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.