• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • Makna Historis Monumen Kesejarahan di Malang Sebagai Sumber Belajar Sejarah | Novariyanto | Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah

    Makna Historis Monumen Kesejarahan di Malang Sebagai Sumber Belajar Sejarah

    Rizki Agung Novariyanto

    Abstract


    Sumber belajar merupakan aspek penting dalam pembelajaran sejarah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana menumbuhkan jiwa kebangsaan bagi generasi muda melalui pembelajaran sejarah tentang keberadaan monumen sejarah. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah (1) pengembangan strategi pembelajaran yang digunakan dalam pemanfaatan Monumen Sejarah sebagai sumber belajar sejarah bagi generasi muda di Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan historis, tahapan-tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah (1) menentukan rancangan penelitian, (2) menentukan tempat/ lokasi penelitian, (3) penentuan informan sebagai sumber primer, (4) pengumpulan data, (5) melakukan tindakan validitas data yang terdiri dari triangulasi data dan triangulasi metode, (6) analisis data akhir. Hasil penelitian dapat menunjukkan manfaat bangunan monumen sejarah yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar sejarah. Konsep pemanfaatannya adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis Kearifan Lokal. Dimana dalam pelaksanaannya menggunakan metode field trip.

    Kata Kunci : Pembelajaran Sejarah, Monumen Sejarah, karakter Bangsa

    Learning resources are an important aspect of learning history .The formulation of the problem in this research is how to grow the national spirit for the younger generation through historical learning about the existence of historical monumens. The importance of the younger generation to better understand history in order to continue the struggle of the Indonesian nation in the future. The purpose of this research is related to (1) the development of learning strategies used in the use of Historical Monumens as a source of historical learning for young people in Malang. This research is a qualitative research with a historical approach, the stages carried out in this study are (1) determining the research design, (2) determining the place / location of the study, (3) determining the informant as the primary source, (4) collecting data, (5) perform data validity measures consisting of data triangulation and method triangulation, (6) final data analysis. The results of the study can show the benefits of building historical monumens that can be used as a source of historical learning. The concept of utilization is to use a learning strategy based on Local Wisdom. Where in its implementation using the field trip method.

    Keywords: Learning History, Historical Monumens, Nation Character



    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jc.v9i1.9999

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2020 Rizki Agung Novariyanto

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah
    Program Studi Pendidikan Sejarah
    Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
    FKIP Universitas Sriwijaya
    Jl. Palembang-Prabumulih, km. 32. Indralaya-Ogan Ilir
    email: criksetra@fkip.unsri.ac.id
     
    P-ISSN: 1978-8673 
    E-ISSN: 2656-9620

     Indexed By:

       

    Publish by:

    Sriwijaya University in collaboration with Association of History Education Programs throught Indonesia (Persatuan Program Studi Pendidikan Sejarah se-Indonesia/P3SI):

    Flag Counter

     

    Lisensi Creative Commons

    Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah by E-Journal Sriwijaya University is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

    View My Stats