PENERAPAN PEMBELAJARAN BIOLOGI LINTAS MINAT DENGAN PEMBUATAN MODEL SEL 3D TERHADAP PENCAPAIAN KKM PESERTA DIDIK XI IPS DI SMA LTI IGM PALEMBANG

Susy Amizera, Elvira Destiansari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk menerapkan strategi pembelajaran melalui praktek pembuatan model sel tiga dimensi pada pelajaran biologi lintas minat di kelas XI IPS SMA LTI IGM Palembang agar hasil belajar siswa dapat mencapai KKM yang telah ditentukan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA LTI IGM Palembang dengan sampel penelitian sebanyak 35 siswa kelas XI IPS. Pada penelitian ini dilaksanakan pembelajaran dengan melibatkan siswa secara langsung dengan praktek pembuatan model sel tiga dimensi. Pada pembelajaran ini siswa membuat langsung bentuk-bentuk  sel dan organelnya sehingga siswa dapat lebih mudah memahami bentuk organel sel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 85,71% siswa secara klasikal memenuhi nilai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar secara klasikal pada siswa pada pelajaran biologi lintas minat 85,71% memenuhi KKM.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v7i1.11500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Address:
Biologi Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Sriwijaya, Indonesia
email: jpb@fkip.unsri.ac.id

website statistics View My Stats

_______________________

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.