PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATERI JAMUR KELAS X SMA

Aseptianova Aseptinova, Ervina Mukharomah, Madiany Erika Purnama

Abstract


Penelitian yang berjudul Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Multiple Intelligences Pada Materi Jamur Kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development)  yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis multiple intelligences pada materi jamur kelas X SMA agar peserta didik lebih aktif pada saat proses pembelajaran dengan di kembangkannya LKPD tersebut. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus Tahun 2018 di SMA Sriguna Palembang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 92 peserta didik dari jumlah keseluruhan populasi sebanyak 120 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan Simple Random Sampling. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan metode Tessmer yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap expert review (pendapat ahli), one-to-one evaluation (uji perorangan), small group (uji kelompok kecil) dan field test (uji lapangan) namun peneliti hanya mengembangkan sampai pada tahap small group saja. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah wawancara, observasi dan angket. Instrumen uji kevalidan berupa angket para ahli dan angket respon peserta didik. Data yang diperoleh kemudian dianalisi dengan menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan uji coba kelayakan LKPD yang dikembangkan berada pada kata gori nilai kelayakan dengan kategori baik. Rerata skor dari hasil penelitian respon peserta didik menggunakan angket dari 92 peserta didik adalah 3,97. Artinya dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis multiple intelligences pada materi jamur kelas X SMA memiliki nilai kelayakan dengan katagori baik. Hal ini menandakan bahwa LKPD yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v7i2.12943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Address:
Biologi Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Sriwijaya, Indonesia
email: jpb@fkip.unsri.ac.id

website statistics View My Stats

_______________________

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://siapadia.riau.go.id/plugins/pulsa-limaribu/bajak scatterhttps://pmb.uts.ac.id/cbt/public/hitam/https://ftk.parahikma.ac.id/robopragma/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/kakekslotakun pro jepangkkn777https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://pmt.unwir.ac.id/dist/demoslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/kkn777casino onlineturbox500

slot gacor slot maxwin slot thailand slot demo togel online bandar togel dagangtoto slot gacor slot gacor slot online slot gacor scatter hitam mulia77 mulia77 slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor https://jdih1.sambas.go.id/assets/ https://jdih1.sambas.go.id/assets/?site=uang4d dagangtoto slot gacor scatter hitam slot gacor mulia77 slot pragmatic slot gacor mulia77 mulia77 dagangtoto rtp slot slot gacor slot gacor slot gacor maxwin slot gacor mulia77 slot maxwin slot gacor maxwin slot gacor slot terpercaya slot gacor maxwin slot pragmatic slot gacor pragmatic play slot gacor mulia77 link slot gacor skl77 slot gacor maxwin77 slot gacor slot thailand slot gacor slot thailand slot gacor terpercaya slot online slot gacor link slot gacor slot online terpercaya mulia77 slot gacor mantap21 mulia77 https://jdih.wantannas.go.id/amp/ slot gacor muliajp slot gacor slot online