• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATERI JAMUR KELAS X SMA | Aseptinova | Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya

    PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATERI JAMUR KELAS X SMA

    Aseptianova Aseptinova, Ervina Mukharomah, Madiany Erika Purnama

    Abstract


    Penelitian yang berjudul Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Multiple Intelligences Pada Materi Jamur Kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development)  yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis multiple intelligences pada materi jamur kelas X SMA agar peserta didik lebih aktif pada saat proses pembelajaran dengan di kembangkannya LKPD tersebut. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus Tahun 2018 di SMA Sriguna Palembang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 92 peserta didik dari jumlah keseluruhan populasi sebanyak 120 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan Simple Random Sampling. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan metode Tessmer yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap expert review (pendapat ahli), one-to-one evaluation (uji perorangan), small group (uji kelompok kecil) dan field test (uji lapangan) namun peneliti hanya mengembangkan sampai pada tahap small group saja. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah wawancara, observasi dan angket. Instrumen uji kevalidan berupa angket para ahli dan angket respon peserta didik. Data yang diperoleh kemudian dianalisi dengan menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan uji coba kelayakan LKPD yang dikembangkan berada pada kata gori nilai kelayakan dengan kategori baik. Rerata skor dari hasil penelitian respon peserta didik menggunakan angket dari 92 peserta didik adalah 3,97. Artinya dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis multiple intelligences pada materi jamur kelas X SMA memiliki nilai kelayakan dengan katagori baik. Hal ini menandakan bahwa LKPD yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran.


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v7i2.12943

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Editorial Address:
    Biologi Education Study Program
    Faculty of Teacher Training and Education
    Universitas Sriwijaya, Indonesia
    email: jpb@fkip.unsri.ac.id

    website statistics View My Stats

    _______________________

    Creative Commons License

    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.