MENGUKUR KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Fajar Okta Widarta, Fajri Fajri, Nursafiah Nursafiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru serta menemukan metode alternatif untuk mengukur penguasaan keterampilan dasar mengajar tersebut pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala Gayo Lues yang memprogram mata kuliah pengajaran mikro. Aspek keterampilan dasar mengajar yang dianalisis meliputi keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, keterampilan variasi stimulus, keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, dan keterampilan mengelola kelas. Pengumpulan data menggunakan lembar performance assessment dengan cara menganalisis video praktik mengajar mahasiswa. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk persentase dan selanjutnya dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan dasar mengajar mahasiswa secara umum berada pada kategori baik. Menganalisis video praktik mengajar menggunakan lembar performance assessment dapat menjadi alternatif untuk mengukur penguasaan keterampilan dasar mengajar mahasiswa pada masa pandemi Covid-19.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v7i2.13265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Address:
Biologi Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Sriwijaya, Indonesia
email: jpb@fkip.unsri.ac.id

website statistics View My Stats

_______________________

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.