• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • Pengaruh Model Pembelajaran Learning Start With A Question Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0 Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas VII di Mts Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak | Rahman | Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya

    Pengaruh Model Pembelajaran Learning Start With A Question Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0 Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas VII di Mts Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak

    Taufiqur Rahman, Husnarika Febriani, Khairuna Khairuna

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar dan keaktifan siswa pada pembelajaran Biologi dengan menggunakan model pembelajaran Learning Start With A Question dan model pembelajaran konvensional seperti pembelajaran dengan metode ceramah yang umum dilakukan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif, yaitu penelitian penelitian yang penyajian data-datanya berupa angka-angka dan menggunakan analisis statistik. Pengambilan data dilakukan dengan mengadakan tes untuk melihat hasil belajar siswa, dan melakukan observasi dengan lembar observasi untuk melihat keaktifan siswa. Peneliti menggunakan 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa. Keaktifan siswa dikelas eksperimen sebesar 63% sedangkan dikelas kontrol hanya 50% saja. Kemudian untuk hasil belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata hasil posttest kelas eksperimen dan kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 73.06 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 64,35. Nilai keaktifan siswa menunjukkan kelas Eksperimen > kelas Kontrol, sehingga Ha 1 diterima. Dan hasil uji t juga menunjukkan nilai Sig. (2-tailed)<0,05 sehingga Ha 2 diterima


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v8i2.15471

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Editorial Address:
    Biologi Education Study Program
    Faculty of Teacher Training and Education
    Universitas Sriwijaya, Indonesia
    email: jpb@fkip.unsri.ac.id

    website statistics View My Stats

    _______________________

    Creative Commons License

    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.