EFEKTIVITAS PEMANFAATAN VIDIO PERSILANGAN RUMAH BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN DARING PESERTA DIDIK KELAS IX1 SMPN 1 TANJUNG BATU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan pemakaian vidio pembelajaran materi persilangan dalam pembelajaran daring. Vidio yang digunakan bersumber dari fitur sumber belajar yang terdapat dalam portal Rumah Belajar milik Pusdatin Kemendikbud, ada tiga vidio yang dimanfaatkan yaitu vidio istilah-istilah pada persilangan, monohibrid serta dihibrid. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuesioner. Populasi pada penelitian ini berjumlah 36 orang, terdiri dari seluruh peserta didik kelas IX1 SMPN 1 Tanjung Batu. Objek penelitian ini adalah hasil kepuasan dan tangagapan peserta didik terhadap media vidio pembelajaran persilangan portal rumah belajar. Kuesioner yang digunakan untuk mengevaluasi mengenai kepuasan peserta didik dan tanggapan mereka mengenai penggunaan media vidio pembelajaran ini berisi 18 pernyataan dan skala penilaian 1 sampai 4, teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menghitung jumlah jawaban responden dari setiap pernyataan dikali bobot jawaban dan dibagi total responden. Hasil pembelajaran menggunakan media vidio pembelajaran menunjukkan semua peserta didik mendapatkan nilai diatas KKM dan dinyatakan tuntas semua, Sebagaian besar peserta didik di setiap topik mendapatkan hasil predikat A (sangat baik). Tingkat kepusaan serta tanggapan kuesioner menunjukkan bahwa mayoritas peserta didik menyukai dan menyetujui penggunaan media vidio pembelajaran materi persilangan pada portal rumah belajar dengan persentase klasikal ketiga vidio tersebut 34% Sangat setuju, 44% Setuju, 12,40% Tidak Setuju dan 7,8% Setuju. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Pembelajaran daring dimasa Pandemi Covid-19 dengan menggunakan vidio pembelajaran materi persilangan pada portal Rumah Belajar Pusdatin Kemdikbud sangat efektivif karena dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan sangat disetujui peserta didik.
Kata kunci: efektivitas, vidio persilangan, rumah belajar, pembelajaran daring
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v9i1.17022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Address:
Biologi Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Sriwijaya, Indonesia
email: jpb@fkip.unsri.ac.id
_______________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.