• https://spadav2.unikal.ac.id/lang/paito-hk/
  • Sbotop
  • http://fairplay.uho.ac.id/lapas/sensus/
  • https://theoejwilson.com/
  • https://penkopjurnal.uho.ac.id/cokky/cheat/
  • slot demo
  • iblis merah hack
  • https://prologue.sastra.uniba-bpn.ac.id/js/idslot/
  • alexis toto
  • Robot Merah Hack
  • pusat maxwin
  • santuy4d
  • https://spada.ppg.ung.ac.id/mod/sthai/
  • https://simlinmas.kemendagri.go.id/web/xgacor/
  • https://conference.uhnsugriwa.ac.id/pages/tslot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/demo-slot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/slotraf/
  • turbox500
  • Lapak Cheat
  • Lucky RP
  • https://www.ies.ftk.uinjambi.ac.id/pages/dewa288/
  • https://ett.ftk.uinjambi.ac.id/pages/ligaciputra/
  • https://rechtenstudent.uinkhas.ac.id/pages/scatter/
  • http://elearning.wisnuwardhana.ac.id/mod/santuymax/
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/js/bni4d/
  • https://elearning.pranataindonesia.ac.id/course/santuy4d/
  • http://ijsab.fateta.unand.ac.id/lib/pkp/zara4d/
  • Garudaslot
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/assets/wdbos/
  • slot thailand
  • https://e-journal.usd.ac.id/lib/pkp/scatter/
  • https://lexeconomicajournal.uinkhas.ac.id/pages/garudaslot/
  • garuda slot
  • garudaslot
  • PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMA | Silalahi | Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya

    PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMA

    Hesty Evang Gelista Silalahi, Adeng Slamet, Yenny Anwar

    Abstract


    Laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju dapat dimanfaatkan pendidik sebagai media yang digunakan pada kegiatan pembelajaran. Pemanfataan teknologi pada kegiatan pembelajaran dilakukan dengan mengembangankan multimedia interaktif berbasis google sites. Pengembangan dilakukan pada materi sistem pencernaan manusia yang dilaksanakan di SMA Negeri 10 Palembang. Tahapan pengembangan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Tahap analisis dilakukan dengan cara mengidentifikasi kebutuhan pada pengembangan. Tahap design dilakukan untuk merancang multimedia. Tahapan pengembangan dilakukan untuk pembuatan produk. Produk tersebut di validasi sehingga memperoleh persentase nilai sebesar 90% dari ahli media, 93% dari ahli materi dan 100% dari praktisi pembelajarn biologi yang termasuk kedalam kategori sangat valid. Uji coba produk dilakukan pada kelompok kecil dengan persentase nilai sebesar 93,66% dan kelompok besar dengan persentase 87,90% yang termasuk ke dalam kategori sangat layak. Evaluasi dilakukan secara formatif

    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v10i1.17942

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Editorial Address:
    Biologi Education Study Program
    Faculty of Teacher Training and Education
    Universitas Sriwijaya, Indonesia
    email: jpb@fkip.unsri.ac.id

    website statistics View My Stats

    _______________________

    Creative Commons License

    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.