Cukupkah Pembelajaran Biologi Menumbuhkan Pengetahuan dan Sikap Peduli Kesehatan Reproduksi Remaja?

Iseu Laelasari, Haqimatul Lubab

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan sikap peduli kesehatan reproduksi yang tumbuh melalui pembelajaran biologi khususnya pembelajaran sistem reproduksi menurut perspektif siswa. Peneliti menggunakan metode cross-sectional dengan menggunakan sample sebanyak 98 siswa SMA kelas XI yang berasal dari 3 SMA di Kudus yang dipilih secara random.  Pengumpulan data menggunakan instrumen utama berupa tes dan questionnaire yang disebarkan secara online melalui Google form serta diperkuat dengan teknik in-depth interview. Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran biologi dipandang sudah baik dalam memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengetahuan tentang materi sistem dan kesehatan reproduksi dengan rerata skor 79,58, namun belum cukup maksimal untuk menumbuhkan sikap peduli kesehatan reproduksi remaja dengan rerata 62.82. Implikasi hasil penelitian dalam pendidikan berupa pentingnya dilakukan integrasi pendidikan kesehatan reproduksi remaja dalam kurikulum sekolah. Guru perlu memberikan penguatan dan arahan secara berkesinambungan kepada siswa melalui pembelajaran tidak hanya dalam pembelajaran biologi, tetapi juga berkolaborasi dengan mata pelajaran lainnya dalam upaya untuk menumbuhkan kepedulian siswa terhadap kesehatan reproduksi, disamping memberikan penguatan dan pemahaman materi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v9i2.19143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Address:
Biologi Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Sriwijaya, Indonesia
email: jpb@fkip.unsri.ac.id

website statistics View My Stats

_______________________

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://siapadia.riau.go.id/plugins/pulsa-limaribu/bajak scatterhttps://pmb.uts.ac.id/cbt/public/hitam/https://ftk.parahikma.ac.id/robopragma/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/kakekslotakun pro jepangkkn777https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://pmt.unwir.ac.id/dist/demoslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/kkn777casino onlineturbox500

slot gacor slot maxwin slot thailand slot demo togel online bandar togel dagangtoto slot gacor slot gacor slot online slot gacor scatter hitam mulia77 mulia77 slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor https://biologi.ui.ac.id/wp-content/themes/idnslot/ https://biologi.ui.ac.id/products/mpo-slot/ https://uptikayu.disperindag.jatimprov.go.id/uploads/ dagangtoto slot gacor scatter hitam slot gacor mulia77 slot pragmatic slot gacor mulia77 mulia77 dagangtoto rtp slot slot gacor slot gacor slot gacor maxwin slot gacor mulia77 slot maxwin slot gacor maxwin slot gacor slot terpercaya slot gacor maxwin slot pragmatic slot gacor pragmatic play slot gacor mulia77 link slot gacor skl77 slot gacor maxwin77 slot gacor slot thailand slot gacor slot thailand slot gacor terpercaya slot online slot gacor link slot gacor slot online terpercaya mulia77 slot gacor mantap21 mulia77 https://jdih.wantannas.go.id/amp/ slot gacor muliajp slot gacor slot online slot online