PENGARUH STRATEGI MENCATAT MENGGUNAKAN PETA PIKIRAN (MIND MAP) TERHADAP RETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMA PLUS NEGERI 2 BANYUASIN III
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi mencatat menggunakan peta pikiran terhadap retensi siswa pada mata pelajaran Biologi kelas XI SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III. Metode penelitian yang digunakan pre-experimental design kategori Intact-Group Comparison. Materi pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah sistem regulasi manusia. Pengambilan data dilakukan di kelas XI IPA 2 dengan jumlah siswa 25 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa 25 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan observasi. Data yang dianalisis berupa nilai akhir (retensi jangka pendek dan retensi jangka panjang), respon siswa, dan penilaian peta pikiran. Setelah dianalisis, hasil Uji-t pada retensi jangka pendek retensi jangka panjang, hasil data dukung kuesioner (angket), dan hasil observasi peta pikiran melalui rubrik menggambarkan bahwa ada kaitannya antara tes, angket dan rubrik terhadap peta pikiran dan retensi siswa. Hasil uji korelasi peta pikiran terhadap retensi siswa pada 3 kali pertemuan memperoleh hasil 0,938, 0,953, dan 0,970 dengan interpretasi tinggi karena peta pikiran dapat digunakan untuk melihat retensi siswa dalam pembelajaran. Hasil uji dan data dukung dapat disimpulkan bahwa strategi mencatat menggunakan peta pikiran mempunyai pengaruh terhadap retensi siswa pada mata pelajaran Biologi.
Â
Kata kunci: Peta Pikiran, Retensi jangka pendek, Retensi jangka panjang
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v1i1.4699
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Address:
Biologi Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Sriwijaya, Indonesia
email: jpb@fkip.unsri.ac.id
_______________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.