PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA NEGERI 11 PALEMBANG

Betrin Jayu Novpridey, Djunaidah Zen, Siti Huzaifah

Abstract


ABSTRAK: Penelitian tentang Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 11 Palembang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 11 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasy-Experimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 dan XI IPA3 dengan jumlah siswa masing-masing 43 dan 41 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Random Sampling. Nilai rata-rata pretest, posttest, gain dan  n-gain kelas eksperimen secara berurutan adalah 33,95; 84,6; 50,31 dan 0,76 sedangkan untuk kelas kontrol yaitu 39,59; 65,45; 25,85 dan 0,42. Ketuntasan belajar untuk kelas eksperimen 100% dan  kelas kontrol 82,2%. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung>ttabel (16,39>1,67) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 11 Palembang.

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH), hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v1i2.4705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

p-ISSN : 2355-7192

e-ISSN : 2613-9936

 
 
Index by:
 
 Hasil gambar untuk garuda ristekdikti
 Image result for sinta ristekdikti
Author Support Tools
Gambar terkait
Hasil gambar untuk mendeley
 
 

View My Stats

Flag Counter

 

Contact Person :

Dr. Riyanto, M.Si.

Program Studi Pendidikan Biologi

Email : jpb@fkip.unsri.ac.id

Kampus Indralaya - Jalan Raya Palembang Prabumulih Km. 32 Ogan Ilir Sumatera Selatan

Kampus Palembang - Jalan Ogan, Bukit Besar Palembang