PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA NEGERI 11 PALEMBANG

Betrin Jayu Novpridey, Djunaidah Zen, Siti Huzaifah

Abstract


ABSTRAK: Penelitian tentang Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 11 Palembang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 11 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasy-Experimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 dan XI IPA3 dengan jumlah siswa masing-masing 43 dan 41 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Random Sampling. Nilai rata-rata pretest, posttest, gain dan  n-gain kelas eksperimen secara berurutan adalah 33,95; 84,6; 50,31 dan 0,76 sedangkan untuk kelas kontrol yaitu 39,59; 65,45; 25,85 dan 0,42. Ketuntasan belajar untuk kelas eksperimen 100% dan  kelas kontrol 82,2%. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung>ttabel (16,39>1,67) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 11 Palembang.

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH), hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v1i2.4705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Address:
Biologi Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Sriwijaya, Indonesia
email: jpb@fkip.unsri.ac.id

website statistics View My Stats

_______________________

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.