PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DALAMMENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI KELAS XII IPA 1 SMA NEGERI 5 PALEMBANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Waluyo Waluyo

Abstract


Abstrak: Penelitian dengan tujuan untuk membuktikan apakah dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw pada Kompetensi Dasar  3.1Menjelaskan  konsep gen, DNA, dan kromosom  dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XII.IPA 1 SMA Negeri 5Palembang.  Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XII  IPASMA Negeri 5Palembang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari Prasiklus  sampai siklus II yaitu, prasiklus  (40%), siklus I (80%), siklus II (92%).  Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Model Pengajaran Kooperatif Tipe  Jigsawdapat berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai siswa SMA Negeri 5Palembang, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Biologi.

 

Kata Kunci: Pembelajaran IPA, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v2i1.4725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Address:
Biologi Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Sriwijaya, Indonesia
email: jpb@fkip.unsri.ac.id

website statistics View My Stats

_______________________

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.