PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) KELAS XI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI SMA NEGERI 1 TANJUNG RAJA

Bethalisa Sukmaningtyas, Kodri Madang, Suratmi Suratmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) peserta didik pada materi sistem percernaan kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Raja.  Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel penelitian menggunakan Simple Random Samping, didapatkan sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes berupa soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunujukkan nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen sebesar 72,43 sedangkan kelas kontrol sebesar 62,34. Berdasarkan uji statistik menggunakan SPSS uji Mann-Whitney, nilai probabilitas (signifikansi) sebesar 0,000 maka hipotesis H0 ditolak sehingga model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) peserta didik pada materi sistem percernaan kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Raja.

Kata kunci : Jigsaw, Keterampilan Berpikir Tinggi, Sistem Pencernaan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v5i2.7062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Address:
Biologi Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Sriwijaya, Indonesia
email: jpb@fkip.unsri.ac.id

website statistics View My Stats

_______________________

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.