• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PLANTAE KELAS X SMA | Kholifah | Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya

    PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PLANTAE KELAS X SMA

    Nurul Kholifah, Adeng Slamet, Didi Jaya Santri

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Plantae kelas X di SMA Srijaya Negara Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan  desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling, didapatkan sampel penelitian yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda. Nilai rata-rata  hasil tes kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu posttest 71 dengan gain 34 sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata posttest 55 dengan gain 23. Berdasarkan uji statistik menggunakan SPSS uji Independent t-test, nilai probabilitas (signifikansi) sebesar 0,000 maka hipotesis H0 ditolak sehingga penerapan model pembelajaran GI berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada Materi Plantae kelas X di  SMA Srijaya Negara Palembang.

     

    Kata Kunci: Hasil Belajar, Model GI, Plantae


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v5i2.7064

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Editorial Address:
    Biologi Education Study Program
    Faculty of Teacher Training and Education
    Universitas Sriwijaya, Indonesia
    email: jpb@fkip.unsri.ac.id

    website statistics View My Stats

    _______________________

    Creative Commons License

    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.