Analisis Kemampuan Pck (Pedagogical Content Knowledge) Guru Mata Pelajaran Biologi SMA di Kecamatan Babat Toman

Cici Hema Pratiwi, Yenny Anwar, Adeng Slamet

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan PCK (Pedagogical Content Knowledge) gurumatapelajaranbiologi SMA di Kecamatan Babat Toman. Metode penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian adalah semua guru biologi yang ada di Kecamatan Babat Toman dengan jumlah empat orang. Materi yang dipilih yaitu materi sistem saraf. Data dikumpulkan dari Content Representasi (CoRe)danPedagogical and Experience Repertoire (PaP-eRs), RPP, Pelaksanaan Pembelajaran, wawancara serta dokumentasi yang digunakanuntukmengukurkategorikemampuan PCK guru yaituPra-PCK, Growing PCKdanMaturing PCK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis RPP rata-rata nilai yang diperoleh yakni 81,81 maka secara umum dalam penyusunan RPP guru Biologi SMA di Kecamatan Babat Toman termasuk kategori baik. Pelaksanaan pembelajaran rata-rata nilai yang diperoleh yakni 74,40 termasuk dalam kategori cukup. Hasil analisis data CoRe nilai rata-rata yang diperoleh yakni 76,16 termasuk dalam kategori cukup, sedangkan PaP-eRs guru memperoleh rata-rata nilai 85,41 termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan kategori PCK yang ditetapkan dapatdisimpulkanbahwa guru Biologi SMA di Kecamatan Babat Toman termasuk dalam kategori Pra-PCk danGrowing PCK. Tiga guru termasuk Growing PCK dan satu guru termasuk Pra-PCK.

 

Kata kunci: Pedagogical Content Knowledge, kemampuan guru, pembelajaran biologi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v4i2.7120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Address:
Biologi Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Sriwijaya, Indonesia
email: jpb@fkip.unsri.ac.id

website statistics View My Stats

_______________________

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.