MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XII IPS 1 MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA VISUAL DI SMA NEGERI 2 PALEMBANG

zuriah susilawati, Ermayanti Ermayanti

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini ini dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang hasilbelajar peserta didik setelah proses pembelajaran Biologi dengan menggunakan media visual. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Palembang, pada mata pelajaran Biologi dengan subyek penelitian kelas XII IPS 1 yang terdiri atas 40 orang pesertadidik. Instrumen yang digunakan berupa pedoman observasi dan tes hasil belajar. Data yang didapatkan diolah dengan menghitung rata-rata hasil belajar dan persentase (%) peserta didik yang tuntas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalamipeningkatandarisiklus I (79,12) menjadi (82,15) pada Siklus II. Persentase peserta didik yang tuntas juga mengalami peningkatan yang awalnya 62,50% (pada Siklus I) menjadi 80,00 (pada Siklus II). Dapat disimpulkanbahwapenggunaan media visual pada pembelajaran Biologi meningkatkan hasilbelajarpesertadidik dan persentasepesertadidik yang tuntasdalambelajar.

Kata-kata kunci: media visual,hasil belajar, biologi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v6i1.8518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Address:
Biologi Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Sriwijaya, Indonesia
email: jpb@fkip.unsri.ac.id

website statistics View My Stats

_______________________

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.