PERAN GURU PKN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK
Abstract
Abstrak: Fenomena kedisiplinan yang terjadi di tempat penelitian menunjukan ada gejala ketidakdisiplinan peserta didik meskipun sekolah yang bersangkutan memiliki peraturan dan tata tertib yang jelas dan mudah diakses. Atas dasar inilah penelitian ini bertujuan untuk mengupas Peran guru PKN dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMPK Hewerbura Watublapi dan faktor-faktor penghambat kurangnya kedisplinan peserta didik di SMPK Hewerbura Watublapi. Metode Penelitian yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru PKN bukan hanya mengajar tetapi meraka juga berperan sebagai guru pembimbing dalam hal kegiatan akademik dan non akademik, sebagai penasehat bagi setiap siswa yang melanggar, sebagai teladan dalam menjalankan peraturan dan tata tertib sekolah dan sebagai motivator bagi setiap siswa yang kehilangan orientasi hidup. Hal ini dibuktikan oleh guru PKN dengan datang tepat waktu, displin dalam berpakaian, memelihara dan menjaga ketertiban sekolah, menjunjung tinggi nama baik sekolah, tidak meninggalkan sekolah tanpa ijin. Sedangkan faktor-faktor penghambat kurangnya kedisiplinan peserta didik yaitu partisipasi orangtua masing sangat minim dalam menjaga kedisiplinan siswa, pengaruh teman sebaya terhadap kedisiplinan sangat kuat, lingkungan masyarakat, Sikap Masa Bodoh Peserta Didik terhadap nasehat guru.
Kata Kunci: Peran Guru, kedisiplinan, dan peserta didik.
Abstract: The phenomenon of discipline that occurs in the research location shows that there are symptoms of student indiscipline even though the school concerned has clear and easily accessible rules and regulations. On this basis, this study aims to examine the role of PKN teachers in improving student discipline at SMPK Hewerbura Watublapi and the factors inhibiting the lack of discipline of students at SMPK Hewerbura Watublapi. The research method used is descriptive qualitative. The results show that the role of PKN teachers is not only teaching but they also play a role as a mentor teacher in terms of academic and non-academic activities, as an advisor to every student who violates, as a role model in implementing school rules and regulations and as a motivator for every student who loses life orientation. This is proven by PKN teachers by coming on time, disciplined in dress, maintaining and maintaining school order, upholding the good name of the school, not leaving school without permission. While the inhibiting factors for the lack of discipline of students are very minimal parental participation in maintaining student discipline, peer influence on discipline is very strong, the community environment, students' ignorant attitude towards teacher advice.
Keywords: The role of the teacher, discipline, and students.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, dkk. 2015. Pembelajaran Literasi. Bandung: Rizki Press.
Adha, Muhammad Mona. 2020. Pendidikan Karakter: Aktivitas Sukarelawan Muda Era Moderen Bekerja secara Daring dan Luring Di Lokasi Cultural Event. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori & Praktik Pendidikan PKn, Vol. 7, No. 2, Hal. 96-102.
Al Rasyid, H. 2000. Dasar-Dasar Statistik Terapan. Bandung: Program Pascasarjana UNPAD
Chotimah, Umi, 2011, Membangun karakter peserta didik melalui penerapan beberapa alternatif pendekatan pembelajaran. Makalah Disampaikan dalam Kegiatan Seminar Nasional Pendidikan yang Diselengggarakan di Palembang.
Danim, Sudirman. 2010.Karya Tulis Inovatif. Bandung: PT. Remajarosdakarya.
Fiara, Ana. 2019. Analisis faktor penyebab perilaku tidak disiplin pada siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling. Vol 4 No 1.
Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Imron, A. 2011. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara
Kurniati. 2018. Peran Guru PKN dalam Pembentukan Kedisiplinan Siswa DI MAN 1 Malang, Jurnal Civic Hukum, Vol. 3, No. 2. Hal. 163-173.
Mas’udi, Asy. 2000. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Yogyakarta:PT.Tiga Serangkai.
Munib, Achmad. 2012. Pengantar Ilmu Pendidikan . Semarang : UPT UNNES Press.
Parmayati, Ari .2013. Identifikasi Penyebab Rendahnya Kedisplinan Siswa Kelas V SDN Negeri 1 Salam. FIP UNY
Rohman. 2020. Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Aplikasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori & Praktik Pendidikan PKn, Vol. 7, No. 2, Hal. 152-160.
Saleh, Abdul Rahman, (2011). Percikan pemikiran di bidang kepustakawanan. Jakarta : CV Sagungseto
Sulha & Gani, M. 2017. Peran Guru Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Pada Siswa X1 Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Volume 7, Nomor 2. DOI 10.20527/kewarganegaraan.v7i2.4274
Suyatno & Kharisma, C. 2018. Peran Guru Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal FUNDADIKDAS Volume 1, Nomor 2 pp 133-139. DOI 10.12928/fundadikdas.v1i2.656
Syahir. 2003. Kedisiplinan Sangat Penting Dalam Perkembangan Moral. Jakarta
Taufiqrianto, Rahman. 2012. Kenakalan Remaja. Jurnal Inovasi. Volume 9, No.2.
Yuliananingsih. 2019. Peran guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam membina kedisiplinan peserta didik. Edukasi: Jurnal Pendidikan.Volume 17, Nomor 1. DOI 10.31571/edukasi.v17i1.1073
Wardhani, Mahasti Windaha. 2017. Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Kedisiplinan Siswa. Yogyakarta: https://eprints.uny.ac.id/53112/.
Undang- Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v8i1.11722
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Marta Da Rince, Gisela Nuwa, Petrus Kpalet
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)
Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir
email: jbti@unsri.ac.id
ISSN ONLINE: 2614-6134 ISSN PRINT: 2355-7265
INDEXED BY:
JBTI Member of :
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.