• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • KETERKAITAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATERI NORMA DAN KEADILAN MATA PELAJARAN PPKN KELAS 7 SMP/MTS | Syafawati | Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

    KETERKAITAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATERI NORMA DAN KEADILAN MATA PELAJARAN PPKN KELAS 7 SMP/MTS

    Zulfah Lis Syafawati, Marzuki Marzuki

    Abstract


    Abstract
    This study aims to analyze the relationship between values education and character education in the material of norms and justice for grade 7 SMP/MTs subjects of Pancasila and Citizenship Education. This study uses a qualitative approach by means of library research as a technique of collecting data from various related references to analyze content. The results of the study indicate that value education and character education in civic education have an integrated relationship with each other. With value education, students have values in themselves which are considered good, right, worthy and valuable to take action. Actions based on these values are manifested in character education as a guide for good behavior in the family, school, friendship, community. Good character values must always be instilled in children from an early age so that they become good habits and reflect human beings who have character and are civilized or make good citizens. The values contained in character education are manifested in civic education subjects, one of which is in the material of norms and justice for grade 7 SMP/MTs.

    Keywords: education, character, values, norms


    Abstrak

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan pendidikan nilai dan pendidikan karakter dalam materi norma dan keadilan kelas 7 SMP/MTs mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara studi kepustakaan sebagai teknik pengumpulan data dari berbagai referensi yang terkait untuk menganalisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan nilai dan pendidikan karakter dalam pendidikan kewarganegaraan saling memiliki keterkaitan yang terintegrasi. Dengan pendidikan nilai, peserta didik memiliki nilai-nilai dalam diri yang mana dianggap baik, benar, layak dan berharga untuk melakukan tindakan. Tindakan berdasarkan nilai tersebut terwujud dalam pendidikan karakter sebagai pedoman dalam bertingkah laku baik di lingkungan keluarga, sekolah, pertemanan, masyarakat. Nilai-nilai karakter yang baik harus selalu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak agar menjadi kebiasaan yang baik dan mencerminkan manusia yang berkarakter serta beradab atau menjadikan warga negara yang baik. Nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan karakter diwujudkan dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan, salah satunya pada materi norma dan keadilan kelas 7 SMP/MTs.

    Kata kunci: pendidikan, karakter, nilai, norma


    Full Text:

    PDF

    References


    Arfani, L. (2016). Mengurai hakikat pendidikan, belajar dan pembelajaran. PPKn & Hukum, 11(2), 81–97.

    Dianti, P. (2014). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa. Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 58–68. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2062

    Gustin, & Suharno. (2015). Evaluasi pembelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan dengan pendekatan saintifik. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7666

    Juliardi, B. (2015). Implementasi pendidikan karakter melalui pendidikan kewarganegaraan. Bhinneka Tunggal Ika, 2(2), 119–126.

    Malatuny, Y. G., & Rahmat. (2017). Pembelajaran civic education dalam mengembangkan civic disposition. Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan, 5(1), 56–68. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol5issue1page56-68

    Manun. (2018). Penanaman nilai-nilai karakter melalui mata pelajaran PKn pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Pujut Kabupaten Lombok Tengah tahun pelajaran 2017/2018. Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(1), 10–27. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/238

    Marzuki. (2015). Moral agama: sebuah pengantar memahami hubungan antara agama dan moralitas. UNY Press.

    Marzuki. (2012). Pendidikan karakter dan pengintegrasiannya dalam pembelajaran. Seminar Dan Lokakarya Pendidikan Karakter, 1–14. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dr-marzuki-mag/dr-marzuki-mag-pendidikan-karakter-dan-pengintegrasiannya-dalam-pembelajaran.pdf

    Mulyono, B. (2017). Reorientasi civic disposition dalam kurikulum pendidikan kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal. Civics, 14(2), 218–225. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/civics.v14i2.17007

    Musanna, A. (2017). Indigenisasi pendidikan: rasionalitas revitalisasi praksis pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 117–133. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i1.529

    Republik Indonesia. (2015). Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 Tahun 2015, Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

    Republik Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021, Standar Nasional Pendidikan.

    Republik Indonesia. (2017). Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017, Penguatan Pendidikan Karakter.

    Rumata, V. M. (2017). Analisis isi kualitatif twitter “#TaxAmnesty” dan “#AmnestiPajak.” Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan, 18(1), 1–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31346/jpikom.v18i1.840

    Samsuri. (2015). Dasar-dasar Pendidikan moral. Penerbit Ombak.

    Saputra, E. (2012). Eksistensi PKn sebagai pendidikan nilai dalam membangun karakter bangsa. Tingkap, 8(2), 145–158. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/tingkap/article/view/1881

    Saputra, L. S., Nurdiaman, A., & Salikun. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

    Sukitman, T. (2016). Internalisasi pendidikan nilai dalam pembelajaran (upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkarakter). Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 85–96. https://www.neliti.com/publications/71271/internalisasi-pendidikan-nilai-dalam-pembelajaran-upaya-menciptakan-sumber-daya

    Supriyanto, E. (2016). Kedudukan naskah akademik dalam penafsiran ketentuan-ketentuan dalam undang-undang. Yuridika, 31(3), 384–400. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20473/ydk.v31i3.4822

    Suyatno. (2012). Nilai, norma, moral, etika dan pandangan hidup perlu dipahami oleh setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. PKn Progresif, 7(1), 34–44

    Unayah, N., & Muslim, S. (2015). Fenomena kenakalan remaja dan kriminalitas. Sosio Informa, 1(02), 121–140. https://doi.org/https://doi.org/10.33007/inf.v1i2.142

    Republik Indonesia. (2012). Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012, Pendidikan Tinggi

    Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional

    United Nations Children’s Fund. (2020). Situasi anak di Indonesia 2020. UNICEF Indonesia

    Widodo, S. T., Hadi, S., & Abidin, H. Z. (2019). Inovasi model value clarification technique (vct) berbasis media windows movie maker sebagai upaya revitalisasi nilai pada pembelajaran pendidikan nilai dan norma. PKn Progresif, 14(2), 1–15. https://jurnal.uns.ac.id/pknprogresif/article/view/42439/27391




    DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v8i2.15055

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2021 ZULFAH LIS SYAFAWATI

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    PUBLISHED BY:

    Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

    Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

    email: jbti@unsri.ac.id

     

    ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


    INDEXED BY:

        

    JBTI Member of :


    View My Stats

     

    Creative Commons License
    The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.