DIGITALISASI MATERI PANCASILA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEMPERKUAT KOHESI NILAI-NILAI PANCASILA PADA MAHASISWA

Triyani Triyani, Eli Karliani, Sekar Dwianti, Ahmad Satria

Abstract


Tahapan terpenting dalam proses pembelajaran salah satunya yakni mengkonstruksi materi yang mampu mengkondisikan mahasiswa memahami serta mengimplementasikan hasil belajar dalam tataran praksis. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan materi berbasis Problem Based Learning (PBL) pada mata kuliah Pancasila. Metode yang digunakan dalam riset ini yakni jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan tahapan analisis kebutuhan pasar, pengembangan, pengujian dan revisi produk. Bentuk pelaksanaan riset ini dapat dijabarkan sebagai yakni (1) Workshop Analisis Kurikulum Mata Kuliah Pancasila (CPMK, substansi materi, alat evalusi; (2) Workshop Pengembangan materi berbasis Problem Based Learning (PBL); (3) FGD Validasi Pakar materi Pancasila berbasis Problem Based Learning (PBL); (4) Uji coba materi Pancasila berbasis Problem Based Learning (PBL); (5) Workshop Revisi materi berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Kuliah Pancasila; dan (6) Penyusunan Laporan Akhir Penelitian.Berdasarkan hasil penilaian expert, produk yang dikembangkan mendapatkan skor 8.75 atau dalam kategori “Baik”. Berdasarkan hasil dari implementasi dan refleksi kepada mahasiswa diperoleh hasil, Pertama, siswa lebih senang ketika pembelajaran menggunakan audio visual. Kedua, materi yang dikemas dalam video pembelajaran membuat mereka lebih memahami dalam menganalisis fenomena yang terjadi di masyarakat terkait dengan aktualisasi nilai-nilai Pancasil dan berpikir kritis.

Full Text:

PDF

References


Darmadi H.(2020). Apa Mengapa Bagaimana Pembelajaran Pendidikan Moral Pancasila Dan

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn): Konsep Dasar Strategi Memahami Ideologi Pancasila Dan Karakter Bangsa. Desmita D. (2016). Revolusi Mental Dan Revolusi Etos Kerja: Upaya Membangun Bangsa

Indonesia Yang Lebih Bermartabat. Ta'dib. 18(1). P. 1-12.

Dewantara J.A, Nurgiansah TH & Rachman F. (2021) Mengatasi Pelanggaran Hak Asasi Manusiadengan Model Sekolah Ramah HAM (SR-HAM). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(2). P. 261-269.

Fisk, P. (2022). Education 4.0 ... the Future of Learning Will Be Dramatically Different, in School and throughout Life; 2017. (Dikutip 11 Februari 2022). Tersedia Online:

http://www.thegeniusworks.com/2017/01/ future-education-young-everyone-

taughttogether/.

Gijbels, D., Dochy, F., Bossche, P. V., & Segers, M. (2005). Effects of Problem-Based Learning: A Meta-Analysis From the Angle of Assessment. 75(1), 27–61.

Nugroho, I. A., Chotim, M., & Dwijanto. (2013). Keefektifan Pendekatan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik. Unnes Journal Mathematics of Education, 2(1), p. 49-54.

Miller, J. S. (2004). Problem-Based Learning In Organizational Behavior Class: Solving Students’ Real Problems. Management Education , 28(5), 578-590.Prasasti, S. (2017). Kenakalan Remaja dan Faktor Penyebabnya. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling. p. 28-45.

Putri AL, Charista FDF, Lestari S & Trisiana A. (2020). Implementasi Pancasila Dalam

Pembangunan Dibidang Pendidikan. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 7(1). p.13-22.

Rahmah, A. N., & Muharni, L. P. J. (2019). Identifikasi Soal Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Buku Matematika Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika, 7(1), 1-8.

Ruslan, Rezkiah & Erpin, (2020). Penanaman Pendidikan Moralitas Dan Nilai Pancasila Anak Usia Dini Dalam Perkembangan Iptek, Abdimas: Papua Journal of Community Servic.

(1). p.11-17.

Sherwood, A. L. (2004). Problem-Based Learning In Management Education: A Framework For Designing Context. Management Education, 28(5), 536-557.

Werth, E. P. (2009). Student Perception of Learning Through A Problem-Based Learning Exercise: An Exploratory Study. Policing: An International Journal of Police Strategies & Management, 32(1), 21-37.




DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.19005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Triyani Triyani, Eli Karliani, Sekar Dwianti, Ahmad Satria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

    

JBTI Member of :


View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.