• https://spadav2.unikal.ac.id/lang/paito-hk/
  • Sbotop
  • http://fairplay.uho.ac.id/lapas/sensus/
  • https://theoejwilson.com/
  • https://penkopjurnal.uho.ac.id/cokky/cheat/
  • slot demo
  • iblis merah hack
  • https://prologue.sastra.uniba-bpn.ac.id/js/idslot/
  • alexis toto
  • Robot Merah Hack
  • pusat maxwin
  • santuy4d
  • https://spada.ppg.ung.ac.id/mod/sthai/
  • https://simlinmas.kemendagri.go.id/web/xgacor/
  • https://conference.uhnsugriwa.ac.id/pages/tslot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/demo-slot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/slotraf/
  • turbox500
  • Lapak Cheat
  • Lucky RP
  • https://www.ies.ftk.uinjambi.ac.id/pages/dewa288/
  • https://ett.ftk.uinjambi.ac.id/pages/ligaciputra/
  • https://rechtenstudent.uinkhas.ac.id/pages/scatter/
  • http://elearning.wisnuwardhana.ac.id/mod/santuymax/
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/js/bni4d/
  • https://elearning.pranataindonesia.ac.id/course/santuy4d/
  • http://ijsab.fateta.unand.ac.id/lib/pkp/zara4d/
  • Garudaslot
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/assets/wdbos/
  • slot thailand
  • https://e-journal.usd.ac.id/lib/pkp/scatter/
  • https://lexeconomicajournal.uinkhas.ac.id/pages/garudaslot/
  • garuda slot
  • garudaslot
  • MEMBANGUN SMART AND GOOD YOUNG CITIZENS MELALUI PROGRAM ORGANISASI KEPEMUDAAN BERBASIS CIVIC LITERACY | Nanggala | Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

    MEMBANGUN SMART AND GOOD YOUNG CITIZENS MELALUI PROGRAM ORGANISASI KEPEMUDAAN BERBASIS CIVIC LITERACY

    Agil Nanggala, Siska Damayanti

    Abstract


    ABSTRAK

    Riset ini berupaya untuk menganalisis juga merefleksikan atas urgensi membangun smart and good young citizens melalui program organisasi kepemudaan berbasis civic literacy, karena memuat upaya penguatan civic competence secara inklusif dan masif, pemberdayaan organisasi kepemudaan, dan peningkatan literasi pemuda berbasis Pancasila dan Undang-Undang Dasar NRI 1945. Riset ini dirampungkan berbasis pendekatan kualitatif, dengan metode studi literatur, teknik analisis data, yaitu, reduksi, display, juga verifikasi. Hasil penelitian, yaitu, pertama, konstruksi tentang visi membangun smart and good young citizens melalui program organisasi kepemudaan berbasis civic literacy, tidak hanya berupaya membentuk pemuda, yang cerdas, dan terampil, karena juga mengakomodir penguatan karakter pemuda, yang terintegrasi dengan ciri khas atau kepribadiannya, yang mengarah pada performance character maupun moral character, maka menjadi model baru dalam pembangunan smart and good young citizens, berbasis komunitas, yang programnya memuat civic literacy, kedua, realisasi model tersebut adalah, pertama, perampungan konstruksi pemikiran mengenai urgensi mengintegrasikan upaya membentuk warga negara muda yang cerdas dan baik, pemberdayaan organisasi kepemudaan yang relevan dan berkelanjutan, lalu upaya penguatan civic literacy, kedua, merampungkan orientasi atau tujuan umum, ketiga, menerapkan secara nyata melalui program organisasi kepemudaan, yang inklusif, akomodatif, dan inovatif, keempat, penerapan prinsip kolaboratif (pentahelix) dan berkelanjutan, kelima, evaluasi dan tindak lanjut, keenam, sosialisasi, Kesimpulan riset, yaitu, visi membangun smart and good young citizens melalui program organisasi kepemudaan berbasis civic literacy, adalah upaya nyata mewujudkan peradaban maju bangsa Indonesia.

     

    ABSTRACT

    This research seeks to analyze and reflect on the urgency of building smart and good young citizens through civic literacy-based youth organization programs, because it includes efforts to strengthen civic competence in an inclusive and massive manner, empowering youth organizations, and increasing youth literacy based on Pancasila and the NRI Constitution. 1945. This research was completed based on a qualitative approach, with the method of literature study, data analysis techniques, namely, reduction, display, as well as verification. The results of the research, namely, first, the construction of the vision of building smart and good young citizens through civic literacy-based youth organization programs, does not only seek to form smart, and skilled youth, because it also accommodates the strengthening of youth character, which is integrated with their characteristics or personality. , which leads to performance character and moral character, then becomes a new model in the development of smart and good young citizens, community based, whose program includes civic literacy, second, the realization of the model is, first, the completion of the construction of thoughts regarding the urgency of integrating efforts to form citizens smart and good young people, empowering relevant and sustainable youth organizations, then efforts to strengthen civic literacy, second, completing orientation or general goals, third, implementing concretely through youth organization programs, which are inclusive, accommodative, and innovative, fourth, applying the principles collaborative (pentahelix) and sustainable, fifth, evaluation, sixth, socialization. The conclusion of the research, namely, the vision of building smart and good young citizens through civic literacy-based youth organization programs, is a real effort to realize the advanced civilization of the Indonesian nation.


    Keywords


    Civic Literacy, Kepemudaan, Organisasi, Program, Smart and Good Young Citizens.

    Full Text:

    PDF

    References


    Sumber Buku dan Jurnal

    Armawi, A., & Raharjo. (2021). Evaluasi Program Sosialisasi Civic Literacy dalam Pembentukan Etika Warganegara Muda. Jurnal Filsafat, 31(1), 1-23.

    Dewi, D. A., Hamid, S. I., Kamila, J. T., Putri, S. B., & Haliza, V. N. (2021). Penanaman Karakter Smart Young and Good Citizen untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5234-5240. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1614

    Garcia, A., & Mirra, N. (2021). Writing Toward Justice: Youth Speculative Civic Literacies in Online Policy Discourse. Urban Education, 56(4), 640–669. https://doi.org/10.1177/0042085920953881

    Hidayah, Y., Sapriya., Darmawan, C., & Malihah, E. (2020). Penggalangan Civic Literacy Melalui Organisasi Kemahasiswaan dan Pandangan mengenai Tantangan Demokrasi di Indonesia. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 7(1), 31-46. https://doi.org/10.22146/jps.v7i1.57674

    Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metod-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia Pres

    Mulya, G. N. A. A., & Windari, R. A. (2013). Organisasi Pemuda sebagai Wahana Kaderisasi Pemimpin Bangsa Berjiwa Pancasila. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 1(3), 1-15. https://doi.org/10.23887/jpku.v1i3.487

    Nanggala, A., & Suryadi, K. (2020). Analisis Konsep Kampus Merdeka dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 10-23. https://doi.org/10.33061/jgz.v9i2.4545

    Nanggala, A., & Suryadi, K. (2021). Transformasi Civic Virtue Mahasiswa melalui Kebijakan Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(1), 70-80. http://dx.doi.org/10.32493/jpkn.v8i1.y2021.p70-80

    Nanggala, A. (2022). Kajian Sosioteknologi dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 6(1), 537-544. https://doi.org/10.31597/ccj.v6i1.737

    Nurdiansyah, E. (2013). Peran Pemuda dan Organisasi Kepemudaan dalam Merevitalisasi Nilai-Nilai Pancasila pada Kehidupan Masyarakat. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 22(2), 80-88. https://doi.org/10.17509/jpis.v22i2.2197

    Raharjo., Armawi, A., & Soerjo, J. (2017). Penguatan Civic Literacy dalam Pembentukan Warga Negara yang Baik (Good Citizen) dan Implikasinya terhadap Ketahanan Pribadi Warga Negara Muda (Studi Tentang Peran Pemuda HMP PPKn Demokratia pada Dusun Binaan Mutiara Ilmu di Jebres, Surakarta, Jawa Tengah). Jurnal Ketahanan Nasional, 23(2), 175-198. https://doi.org/10.22146/jkn.26457

    Saidi, M. R., Supriyoni., & Al-Atok, A. R. (2022). Pengaruh Literasi Digital dan Literasi Kewarganegaraan terhadap Tingkat Ketahanan Pribadi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(1), 119-128. http://dx.doi.org/10.17977/um019v7i1p119-128

    Sampurna, A., & Sapriya. (2018). Peranan Organisasi Kepemudaan sebagai Sarana Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Nation Character Warga Negara Indonesia. Untirta Civic Education Journal, 3(2), 116-127. http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v3i2.4520

    Somantri, M. N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Rosda Karya.

    Wahlström, N. (2022). School and Democratic Hope: The School as a Space for Civic Literacy. European Educational Research Journal, 21(6), 994–1008. https://doi.org/10.1177/14749041221086721

    Widiatmaka, P., Pramusinto, A., & Kodiran. (2016). Peran Organisasi Kepemudaan dalam Membangun Karakter Pemuda dan Implikasinya terhadap Ketahanan Pribadi Pemuda (Studi Pada Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor di Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah). Jurnal Ketahanan Nasional, 22(2), 180-198. https://doi.org/10.22146/jkn.12002

    Yuliadari, E., Rusnaini., & Ariana, Y. (2018). Penguatan Civic Literacy dalam Pembelajaran Demokrasi dan Pemilu dan Implikaisnya terhadap Civic Atitude Mahasiswa. Jurnal PKn Progresif, 13(2), 115-122. https://doi.org/10.20961/pknp.v13i2.26594

    Sumber Dokumen dan Internet

    Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik Indonesia 2020. Jakarta: BPS.

    Central Connecticut State University. (2016). World’s Most Literate Nations Ranked. [Online]. Diakses dari: https://webcapp.ccsu.edu/?news=1767&data

    Institute of Management Development. (2020). IMD World Competitiveness Ranking 2020 “One Year Change”. Lusanne: Swiss.

    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Peta Jalan Generasi Emas Indonesia 2045. Jakarta: Kemendikbud.

    World Bank. (2020). The Human Capital Index 2020. Washington DC: WB.

    World Economic Forum. (2019). The Global Competitiveness Report 2019. Swiss: WEC.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v10i1.21073

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2023 Agil Nanggala

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    PUBLISHED BY:

    Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

    Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

    email: jbti@unsri.ac.id

     

    ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


    INDEXED BY:

        

    JBTI Member of :


    View My Stats

     

    Creative Commons License
    The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.