• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PERMAINAN SOS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR | Hidayati | Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

    PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PERMAINAN SOS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR

    Ririn Hidayati, Roro Nanik Setyowati, Fuji Astutik

    Abstract


    ABSTRAK

    Pendidikan menurut konsep Ki Hajar Dewantara, merupakan sebuah upaya untuk membentuk individu yang berpikir, berdaulat dan merdeka dalam berkehidupan. Salah satu pendidikan paling penting adalah pendidikan yang berkaitan pada pembentukan karakter yang terintegrasi pada mata pelajaran PPKn. Pada penyelenggaraannya disekolah, PPKn dianggap sebagai materi pelajaran yang membosankan karena penguasaannya menuntut siswa untuk menghafalkan materi. Hal ini akan berdampak pada minat peserta didik pada materi pelajaran PPKn. PTK ini dilakukan bertujuan untuk dapat meningkatkan minat belajar peserta didik UPT SMP Negeri 18 Gresik dikelas VIII-I pada Materi Pelajaran Sumpah pemuda dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika dengan memodifikasi antara model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw dengan media permainan SOS. PTK ini dilakukan selama 2 siklus, dengan setiap siklus terdapat 2 kali pertemuan. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa minat peserta didik pada materi pelajaran Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhineka Tunggal semakin meningkat pada siklus 1 ke siklus 2 sebanyak 64%, sehingga dapat disimpulkan bahwa tindakan yang dilakukan telah sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik.

     

    ABSTRACT

    Education according to the concept of Ki Hajar Dewantara, is an effort to form individuals who think, are sovereign and independent in life. One of the most important education is education related to character building that is integrated in PPKn subjects. In its implementation at school, PPKn is considered a boring subject matter because its mastery requires students to memorize the material. This will have an impact on students' interest in PPKn subject matter. This PTK aims to increase the interest in learning students of UPT SMP Negeri 18 Gresik in class VIII-I on the Youth Oath Learning Material in the Bhineka Tunggal Ika Frame by modifying the Jigsaw-type Cooperative Learning learning model with SOS game media. This PTK is carried out for 2 cycles, with each cycle there are 2 meetings.The results of the research that has been carried out show that students' interest in the subject matter of Youth Pledge in the Single Bhineka Frame is increasing in cycle 1 to cycle 2 by 64%, so it can be concluded that the actions taken are in accordance with the characteristics and needs of students. 


    Keywords


    Penilaian Tindakan Kelas, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jigsaw.

    Full Text:

    PDF

    References


    Amri, Sofan & Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran (Pengaruh Terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum). Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

    Asnawi. 2017. Langkah-langkah Penerapan Discovery Learning Dalam Pembelajaran. https://www.pondok-belajar.com/2017/01/langkah-langkah-penerapan-discovery.html. Diakses tanggal 9 November 2020.

    Dewantara, Ki Hadjar, 1994, Kebudayaan, Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, Yogyakarta. ____________________, 2011, Bagian Pertama Pendidikan, Majelis Luhur Persatuan, Yogyakarta.

    Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Covid-19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu: Research & Learning in Elementary Education, 5(1), 367–375.

    Farida Hasan Rahmaibu, Farid Ahmadi, F. D. P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1).

    Hamdayama,J. (2014). Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Bogor : Ghalia Indonesia.

    Lukiyah, L. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn ( Penelitian Tindakan Kelas) pada Siswa Kelas VI SDN Randuagung 05. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 3(1), 9–15. https://doi.org/10.18592/ptk.v3i1.1058.

    Mardikayasa, I. M., Wiyasa, I. K. N., & Asri, I. G. A. A. S. (2015). Penerapan Mind Mapping Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Dan Sikap Sosial Tema Cita-Citaku Pada Siswa Kelas Iva Sd Negeri 29 Pemecutan. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

    Mulyatiningsih, Endang. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Modul Pelatihan Pendidikan Profesi Guru, Universitas Negeri Yogyakarta

    Nurgiansah, T. H. (2019). Pemutakhiran Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Kewarganegaraan Universitas Negeri Medan, 1(1), 95–102.

    Nurgiansah, T. H., Dewantara, J. A., & Rachman, F. (2020). The Implementation of Character Education in the Civics Education Syllabus at SMA Negeri 1 Sleman. Jurnal Etika Demokrasi, 5(2), 110– 121.

    Nurgiansah, T. H., & Sukmawati. (2020). Tantangan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(2), 139–149.

    Putra, Zetra Hainul. 2014. Buku kuliah terintegrasi Rencana Pembelajaran Sekolah Dasar. Zesya Publisher: Pekanbaru.

    Rokanah. (2015). Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Melalui Metode Pemberian Tugas Daur Ulang. Jurnal Media Didaktika, 1(1), 31–37.

    Sudjana, N. (2002). Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

    Suparlan, Henricus. 2015. Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Sumbangannya bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat, Vol. 25, No. 1.

    Suwastana, I. W. (2016). Penerapan pembelajaran melalui model kooperatif numbered heads together siswa kelas V SDN No 1 Tonggolobibi untuk meningkatkan prestasi belajar PKn. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(1), 119–135. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/viewFile/3281/2324

    Syaparuddin, S., Elihami, E., & Enrekang, M. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video Pada Pembelajaran PKn di Sekolah Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187–200. file:///C:/Users/ACER/AppData/Local/Temp/318-Article Text-621-1-10-20200124-2.pdf

    Yulianingrum, K. (2014). Kompetensi Profesionalisme Guru Pendidikan Kewarganegaraan Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan (Studi Kasus Guru PKn di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta). Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v10i2.21573

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2023 Ririn Hidayati

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    PUBLISHED BY:

    Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

    Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

    email: jbti@unsri.ac.id

     

    ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


    INDEXED BY:

        

    JBTI Member of :


    View My Stats

     

    Creative Commons License
    The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.