PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN WORD SEARCH PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA

Peri Sandria, Mohamad Syahri

Abstract


ABSTRAK

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat keaktifan belajar siswa selama proses pembelajaran disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya motivasi siswa, kurangnya keterampilan guru dalam menggunakan sumber belajar, kurangnya ketepatan guru dalam memilih media dan materi pembelajaran, monotonnya gaya mengajar guru, serta keterbatasan sarana pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peningkatan keaktifan belajar siswa setelah menerapkan media pembelajaran word search puzzle dalam proses pembelajaran PPKn. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP Negaeri 1 Batu. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek dari penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan tingkat keaktifan siswa pada siklus II. Pada siklus II, sebanyak 27 siswa aktif selama proses pembelajaran, dengan persentase 84%, sementara 5 siswa masih pasif dengan persentase 16%. Sebelumnya, pada siklus I hanya 23 siswa yang aktif, dengan persentase 72%, dan 9 siswa masih pasif, dengan persentase 28%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran word search puzzle dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran PPKn.

 

ABSTRACT

The problem in this study is the low level of active student learning during the learning process caused by several factors, such as lack of student motivation, lack of teacher skills in using learning resources, lack of teacher accuracy in selecting media and learning materials, monotonous teacher teaching style, and limited learning facilities . The purpose of this study was to identify an increase in student learning activity after applying the word search puzzle learning method in the Civics learning process. This research was conducted in class VII SMP Negeri 1 Batu. This type of research includes classroom action research (CAR), which consists of two cycles. The subjects of this classroom action research were class VII students. The results showed an increase in the level of student activity in cycle II. In cycle II, 27 students were active during the learning process, with a percentage of 84%, while 5 students were still passive with a percentage of 16%. Previously, in cycle I, only 23 students were active, with a percentage of 72%, and 9 students were still passive, with a percentage of 28%.  The conclusion of this research is that the application of word search puzzle learning media can increase student learning activeness in the PPKn learning process.

Keywords


Keaktifan Belajar, Word Search Puzzle, Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Darmawansyah, D. (2018). Peningkatan Kemampuan Passing Bawah Permainan Bola Voli Melalui Latihan Variasi pada Siswa Kelas XII SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 11.

Hanifah, N. (2014). Memahami penelitian tindakan kelas: teori dan aplikasinya. Upi Press.

Hasanah, N., Azzahroh, F., & Faturrohmah, N. I. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Media Word Search Pada Siswa Kelas III SDIT Al-Iman. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(1), 188-201.

Magdalena, M. (2020). Keaktifan siswa kelas X dalam pembelajaran daring materi menggambar grafik fungsi trigonometri semester genap tahun ajaran 2019/2020. Serambi Konstruktivis, 2(2).

MIRHAT, M. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN WORD SEARCH SISWA KELAS IVA UPT SD NEGERI 010 RANTE BONE KABUPATEN LUWU UTARA (Doctoral dissertation, Universitas Cokroaminoto Palopo).

Novasari, T. (2016). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial (studi pada siswa kelas X SMKN 5 Surabaya). Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 4(3).

Nurhalifah, N., & Lestari, N. (2020). Efektifitas media pembelajaran word search puzzle dalam meningkatkan daya ingat siswa pada materi ekosistem kelas vii di smp muhammadiyah kupang tahun ajaran 2018/2019. Jurnal Biosains dan Edukasi, 2(1), 17-23.

Panggabean, S. (2021). Konsep Student Center Learning Dan Teacher Center Learning. Sistem Student Center Learning Dan Teacher Center Learning, 1.

Rahman, T. (2018). Aplikasi model-model pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas. CV. Pilar Nusantara.

Ratnasari, I., Sumarwati, S., & Suwandi, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Dengan Teknik Parafrase Wacana Dialog: Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Sekolah Dasar. BASASTRA, 4(2), 77-98.

Sari, Y. N. (2018). Pengaruh penerapan model pembelajaran means ends analysis menggunakan media video terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Pagar Alam. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 5(1), 89-103.

Sipayung, M. (2020). Penggunaan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas Ix Mata Pelajaran Ppkn Pada Materi Hakikat Dan Teori Kedaulatan Di Smp Negeri 6 Satu Atap Sepauk. Jurnal Pekan: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(2), 209-222.

Sukirman, D. (2010). Keterampilan dasar mengajar. Universitas pendidikan indonesia.

Sunarto, L., & Muthali’in, A. (2013). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Strategi Group Investigation Pada Mapel PKn Materi Perundang-Undangan Siswa Kelas V SD Negeri 01 Gumeng Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Umniyah, D., & Rochmah, E. (2021). PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI METODE CROSSWORD PUZZLE DALAM TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA. EDUTARY (Education of Elementary School), 1(1), 1-7.

Wibowo, N. (2016). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran berdasarkan gaya belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128-139.




DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v10i2.22217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 peri sandria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

    

JBTI Member of :


View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.