ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN HANDOUT DIGITAL BERBASIS CANVA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA FASE B DENGAN MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE DI SEKOLAH DASAR
Abstract
ABSTRAK
Masa pandemi covid-19 mengubah sistematika proses pembelajaran secara signifikan. Hal ini menjadi pemicu problematika dalam proses pembelajaran karena tidak semua sekolah sudah menciptakan bahan ajar digital yang menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan bahan ajar digital berupa handout dengan mengacu pada model pembelajaran Reading, Identifying, Contruction, Solving, Reviewing, Extending (RICOSRE) pada materi makna sila-sila Pancasila dan menerapkan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang termuat pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Fase B. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan yang mengacu pada model rowntree. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, angket dan forum group discussion (FGD). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan hasil analisis kebutuhan, meliputi; 1) terdapat 70,20% peserta didik yang belum mencapai KKM dan 29,80% peserta didik yang sudah mencapai KKM pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Fase B, 2) peserta didik memiliki minat membaca yang rendah, 3) peserta didik mengalami penurunan hasil belajar, 4) belum terdapat bahan ajar digital yang menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini dapat dikembangkan menjadi pengembangan handout digital berbasis canva pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila fase B dengan model pembelajaran RICOSRE di Sekolah Dasar. Diharapkan handout digital ini mampu membantu peserta didik meningkatkan minat membaca, berpikir kritis dan mampu meningkatkan hasil belajarnya.
ABSTRACT
The Covid-19 pandemic has significantly changed the systematics of the learning process. This triggers problems in the learning process because not all schools have created digital teaching materials that support the learning process. This study aims to create digital teaching materials in the form of handout with reference to Reading, Identifying, Contruction, Solving, Reviewing, Extending (RICOSRE) learning model on the material meaning of the Pancasila precepts and applying the Pancasila precepts in everyday life contained in Pancasila subjects Phase B. This reasearch method used is development research which refers to the rowntree model. Data collection techniques through observation, interviews, questionnaire and group discussion forums. Based on the research results, it can be concluded that the results of the needs analysis include; 1) there are 70,20% of students who have not reached the minimum completeness criteria and 29,80 of students who have achieved the minimum completeness criteria in the Pancasila Education Phase B subject, 2) students have low interest in reading, 3) learning outcomes students decreased, 4) there are No. digital teaching material that support the learning. This research can be developed into the development of canva based digital handouts on the Pancasila Education subject phase B with the RICOSRE learning model in Primary School. I tis hoperd that this digital handout will be able to help students increase their interest in reading, think critically and be able to improve their learning outcomes.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Setiawan, Bahar, and Tri Endang Jatmikowati. 2021. “Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Handout Berbasis Aplikasi Canva Bagi Guru Di SMA Baitul Arqom.” ADDI Indonesia 1(1): 1–8.
Aprilyani, Susriyati, and Sulisetijono Mahanal. 2020. “Does Ricosre Learning Have The Potential to Improve Students’ Decision Making Ability?” Jurnal Pendidikan Sains 8(1): 7–11. http://journal.um.ac.id/index.php/jpsISSN:2338-9117.
Astuti, Melia. 2021. “Analisis Efektifitas Penyelenggaraan Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19.” Journal of Integrated Elementary Education 1(1): 41–49.
Astuti, Tri Marhaeni Puji, Elly Kismini, and Kuncoro Bayu Prasetyo. 2014. “The Socialization Model of National Character Education for Students in Elementary School Through Comic.” KOMUNITAS: International Journal of Indonesian Society and Culture 6(2): 260–70.
Astutik, Indah Budi, and Asri Susetyo Rukmi. 2015. “Pengembangan Handout Membaca Menulis Permulaan Berbantu Aplikasi Microsoft Office 365 SWAY Untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Universitas Negeri Surabaya 1(1): 1–12.
Elvrina Revayani, Kinanthia Pramudiani, Puri. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Ricosre Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif IPA Siswa Kelas V SD Negeri Jatirahayu II Bekasi.” Dikdatik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri 8(1): 366–74.
Erlinda, Nelfi, and Lalfita. 2020. “Pengembangan Handout Model Sains Teknologi Maysrakat (STM) Di SMA Negeri Enam Lingkung Padang Pariaman.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 1(1): 151–60.
Ermawati, Erni, Retno Triwoelandari, & Abristadevi, and Riwayat Artikel. 2022. “Pengembangan Handout Pembelajaran IPA Berbasi STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 MI.” VOX Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 13(2): 376–88. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/VOX.
Firmansyah, Agnes, and Adzimatnur Muslihasari. 2020. “Pengembangan Handout Berbasis Cerita Pendek Tematik Tema 5 Kelas 5 Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” EDUSCOPE 06(02): 1–11.
Habaridota, Maha Lastasa Buju Basafpipana. 2023. “Pengembangan LKPD Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar Dan Aplikasi Canva for Education Kelas 4 SD/MI.” JOTE : Journal On Teacher Education 4(3): 841–51.
Haka, Nukhbatul Bidayati et al. 2023. “Model Pembelajaran RICOSRE Berbantuan Podcast Terhadap Peningkatan Keterampilan Komunikasi Dan Berpikir Analitis Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI.” Journal of Hypermedia & Technology - Enhanced Learning 1(1): 15–22.
John W. Creswell. 2012. Educational Research.
Manisa, Tesa, Susriyati Mahanal, and Fatchur Rohman. 2020. “Empowering Problem-Solving Skills Through RICOSRE Learning Model.” Article Jurnal Pendidikan Sains 8(1): 12–15. http://journal.um.ac.id/index.php/jpsISSN:2338-9117.
Melan Tanango, Sri, Masri Kudrat, and Rustam I Husain. 2023. “Pengembangan Modul Ajar Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Kurikulum Merdeka Kelas IV Sekolah Dasar.” Journal Of Social Science Research 3(2): 8907–19.
Revina, Junia et al. 2021. “Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VI Di SDN 02 Tarantang.” Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4(2): 65–85.
Siti, Dina, Maryam Audina, E Kosasih, and Resa Respati. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar (Handout) Ritmis Untuk Siswa Kelas I Sekolah Dasar.” PEDADIDAKTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5(3): 276–86. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index.
Sumiati, Ika Dewi, Susiyati Mhanal, and SIti Zybaidah. 2018. “Potensi Pembelajaran RICOSRE Pada Peningkatan HAsil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI.” Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian dan Pengembangan 3(10): 1319–22.
Susanto, Wahyu Nur, and Supiana Dian Nurtjahyani. 2018. “Development of Discovery LearningBased Biology Handout on Creative Interaction Materials With Its Environment.” Biology Education Conference 15(1): 471–77.
Turrohmah, Lathifah, and Nasrul Hakim. 2022. “Pengembangan Handout Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Kingdom Plantae Siswa Kelas X SMA/MA.” Lathifah Turrohmah & Nasrul Hakim 52 Jurnal Biotek 10.
Yulandari, Yulandari, and Dea Mustika. 2021. “Pengembangan Handout Tematik Berbasis Model Inkuiri Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(3): 1418–26. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/935.
DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v10i2.22270
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 maya novitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)
Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir
email: jbti@unsri.ac.id
ISSN ONLINE: 2614-6134 ISSN PRINT: 2355-7265
INDEXED BY:
JBTI Member of :
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.