ACTUALIZATION OF GLOBAL CITIZENSHIP CONCEPT IN THE PERSPECTIVE OF CIVIC EDUCATION IN INDONESIA; CASE STUDY OF CONSTITUTIONAL MATERIAL
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktualisasi konsep warga negara global dalam perspektif Pendidikan kewarganegaraan di Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah dosen dan mahasiswa PKn, Metode pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitasnya menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil observasi di lapangan ditemukan bahwa dosen ketika menyampaikan materi Pendidikan kewarganegaraan kurang mampu menyampaikannya secara menarik dan kurang mampu mengembangkan materi dengan fenomena yang terjadi saat ini sehingga daya tarik mahasiswa kurang maksimal. Dampaknya, ketika diadakan evaluasi hasilnya juga kurang maksimal. Dari hasil wawancara dengan dosen dan mahasiswa PKn diperoleh informasi bahwa dosen kurang menguasai materi, dosen kurang mampu menghubungkan materi ketatanegaraan dengan perkembangan global. Kesimpulannya: aktualisasi konsep warga negara global dalam perspektif Pendidikan kewarganegaraan di Indonesia mutlak diperlukan karena warga negara Indonesia merupakan bagian dari warga negara global.
ABSTRACT
This research aims to describe the actualization of the concept of global citizenship from the perspective of citizenship education in Indonesia. The type of research used is descriptive qualitative. Research subjects were Civics lecturers and students. Data collection methods: observation, interviews and documentation. Its validity uses triangulation of sources and methods. Data analysis uses interactive analysis techniques. The results of observations in the field found that lecturers when delivering citizenship education material were less able to convey it in an interesting way and less able to develop the constitutional material with current phenomena so that student attraction was less than optimal. As a result, when an evaluation was carried out the results were also less than optimal. From the results of interviews with Civics lecturers and students, information was obtained that lecturers lacked mastery of the material, lecturers were less able to connect the material with global developments. In conclusion: actualizing the concept of global citizenship from the perspective of citizenship education in Indonesia is absolutely necessary because Indonesian citizens are part of global citizenship.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta
Cahyono (2022), Kewarganegaraan global teori dan aplikasinya, Sukoharjo: mandiri
Direktorat pembelajaran dan kemahasiswaan, kementerian pendidikan riset dan teknologi, 2023, panduan MKWK bagi mahasiswa diperguruan tinggi
Darmono, (2020). Ilmu Kewarganegaraan, Sukoharjo:Mandiri
E. Dougherty, Jon (2 February 1999). "Groups promote global governance". WorldNetDaily. Diakses tanggal 2007-05-11.
Handayani. (2020). Heterogenitas factor penyebab kurang menariknya mata kuliah pendidikan kewarganegaraan. makalah seminar nasional di Univet bantara Sukoharjo.
Hamid. (2022). Urgensi MKWK dalam membangun karakter mahasiswa. makalah tidak dipublikasikan.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP
Sriyono G (2022). Optimalisasi pencapaian CPL matakuliah pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi. Sukoharjo: mandiri
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Sukmadinata. (2017). No Title. https://serupa.id/metodepenelitian-deskriptif/
Syafrudin. (2018). Kewarganegaraan global teori dan praktek. Aneka ilmu
Thompson, Allan (14 December 2006). "A double standard for politicians' dual citizenship". Toronto Star. Diakses tanggal 2007-05-11.
Undang-undang nomor 12 tahun 2012, tentang pendidikan tinggi
Vierdaria, W. (2018). Kewarganegaraan Global: Mengenal Tantangan Dan Keuntungan Dalam Mengembangkan Perspektif Global Yang Menginspirasi Perubahan Positif. makalah tidak dipublikasikan
Yudiningsih. (2020). strategi optimalisasi CPL pendidikan kewarganegaraan
DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v10i2.22759
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 suyahman suyahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)
Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir
email: jbti@unsri.ac.id
ISSN ONLINE: 2614-6134 ISSN PRINT: 2355-7265
INDEXED BY:
JBTI Member of :
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.