URGENSI ASESMEN BERBASIS HOTS BAGI MAHASISWA PPG SEBAGAI SUPLEMEN BELAJAR MANDIRI

Sri Artati Waluyati, Ikbal Barlian, Mariyani Mariyani, Nurillia Nurilia, Restian Ahmad

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi asesmen berbasis HOTS bagi mahasiswa PPG sebagai suplemen belajar mandiri. Adapun metode penelitian ini ialah kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakanangket tertutup untuk mahasiswa dan angket terbuka untuk dosen pengampuh.  Teknik sampling jenuh yang digunakan sehingga semua mahasiswa diambil yaitu sebanyak 22 mahasiswa. Analisis data deskriptif dengan menggunanakan hasil persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa dosen sudah mengupayakan pembelajaran dengan menyajikan aktivitas berpikir tingkat tinggi, akan tetapi masih belum membuat secara mandiri suplemen belajar seperti soal HOTS yang disesuaikan dengan kebutuhan mata kuliah. Karena itulah untuk menunjang keberhasilan mata kuliah maka dosen harus pula membuat asesmen berbasis HOTS sebagai suplemen belajar mandiri bagi mahasiswa PPG agar kemampuan berpikir HOTS mereka dapat lebih terlatih.

 

ABSTRACT

This research aims to determine the urgency of HOTS-based assessment for PPG students as a supplement to independent learning. This research method is quantitative with data collection using closed questionnaires for students and open questionnaires for lecturers. Saturated sampling technique was used so that all students were taken, namely 22 students. Descriptive data analysis using percentage results. The research results show that lecturers have made efforts to learn by presenting high-level thinking activities, but have not yet independently created learning supplements such as HOTS questions that are tailored to course needs. For this reason, to support the success of the course, lecturers must also create HOTS-based assessments as an independent learning supplement for PPG students so that their HOTS thinking skills can be better trained.


Keywords


Asesmen, HOTS, PPG, Mandiri

Full Text:

PDF

References


Ambiyar, A., Aziz, I., & Melisa, M. (2020). Perbedaan Kemandirian Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Di SMAN 1 Lembah Melintang Dan SMAN 1 Lembah Gumanti. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1246–1258. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V4i2.367

Arifa, F. N., & Prayitno, U. S. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan: Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional di Indonesia. Jurnal Aspirasi, 10(1), 1–17. https://doi.org/10.22212/aspirasi.v10i1.1229

Asmar, E. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan MIPA, 1(1), 33–45.

Gusnita, dkk. (2021). Kemandirian Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Square (Tpsq). Jurnal BSIS. Vol 3 No 2

Kuswana, Wowo Sunaryo. (2012). Taksonomi Kognitif, Perkembangan Ragam Berpikir. Cet. I. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurhayani. (2017). Kesulitan Guru Dalam Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas XII di SMA Negeri 2 Gowa. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Alauddin Makassar.

Mariyani, dkk (2021).Dampak Potensial Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Hots dengan Sistem Barcode Pada Mata Pelajaran PPKn. JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 6 No. 2

Moh. Zainal FananiStrategi Pengembangan Soal higher Order Thinking Skill (Hots) Dalam Kurikulum. (2013). Strategi Pengembangan Soalhigher Order Thinking Skill (Hots)Dalam Kurikulum 2013. Edudeena. Vol.II,No.1. Hal 57-76

Putri, A. D. K., & Imaniyati, N. (2017). Pengembangan Profesi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 93. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8109

Sudianto. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Model Pembelajaran Project-Based Learning Berbantuan LMS Moodle.

UU Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen,

UU Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2017 tentang Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan yang Diangkat sampai dengan Akhir Tahun 2015,

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2013 tentang Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan,

Yanti, S., & Surya, E. (2017). Kemandirian Belajar Dalam Memaksimalkan Kualitas Pembelajaran. Medan: PPs Unimed

Yee, M. H., Lai, C. S., Tee, T. K., & Mohamad, M. M. (2016). The Role of Higher Order Thinking Skills in Green Skill Development”. EDP Science 70 (5001), https://doi.org/10.1051/matecconf/2




DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v10i2.22951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sri Artati Waluyati, Mariyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

    

JBTI Member of :


View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.