PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF QUIS TEAM TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PKn DI SMP NEGERI 1 INDRALAYA UTARA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh dari penerapan strategi pembelajaran aktif Quis Team terhadap keaktifan belajar kelas VII siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Indralaya Utara. Penelitian ini adalah studi kuantitatif dengan populasi semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya Utara. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. kelas VII.c sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol VII.d. Data dianalisis menggunakan t-tes. Dari hasil analisis data, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Dengan taraf signifikan sebesar 0,05% atau 5 %. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan rerata keaktifan belajar siswa. Pada kelas kontrol dan kelas eksperimen yang dapat diketahui rata-rata kelas kontrol yaitu 53,9% sedangkan rata-rata kelas eksperimen yaitu 75,3% selain itu juga berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t didapat bahwa thitung = 10,8 > ttabel = 1,999 dengan demikian hipotesis kerja (Ha) diterima
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v1i1.4533
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 Ayu Lestari, Emil El Faisal, Sri Artati Waluyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)
Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir
email: jbti@unsri.ac.id
ISSN ONLINE: 2614-6134 ISSN PRINT: 2355-7265
INDEXED BY:
JBTI Member of :
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.