PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING TECHNIQUE BUZZ GROUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 KOTA PALEMBANG
Tidi Maharani, Umi Chotimah, Emil El Faisal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Collaborative Learning Technique Buzz group terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Palembang. Populasinya seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Palembang tahun ajaran 2014/2015 yaitu 240 siswa. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil secara purposive. Kelas VIII 3 (eksperimen) menerapkan model pembelajaran Collaborative Learning Technique Buzz Group sedangkan kelas VIII 1 (kontrol) dengan model Direct Instruction.Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dan test. Hasil analisis dan pembahasan menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Collaborative Learning Technique Buzz Group terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIII SMP Negeri 17 Palembang dengan taraf signifikan sebesar 5% atau α =.05 . Rata-rata hasil tes siswa pada kelas eksperimen yaitu =81 lebih besar dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol yaitu =78 dengan KKM =75. Berdasarkan analisis uji-t yang dilakukan diperoleh nilaithitung= 3,042 sedangkan ttabel= 1.991 karena thitung >ttabel dengan demikian menolak H0 dan menerima Hayang menyatakan ada pengaruh yang signifikan dari pengaruh penerapan modelCollaborative Learning Technique Buzz Groupterhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PendidikanKewarganegaraan.
Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)
Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir